Home » » Perpustakaan Bank Indonesia di Surabaya

Perpustakaan Bank Indonesia di Surabaya


Guna memberikan sumbangsih menyuburkan minat baca dan membangun generasi yang intelektual dan berwawasan luas sekaligus mendukung pelestarian bangunan cagar budaya di kota Surabaya, Bank Indonesia (BI) menyulap sebuah gedung bersejarah peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1921 menjadi perpustakaan dengan fokus ekonomi, moneter dan perbankan.

Gedung yang terletak di Jl. Taman Mayangkara Surabaya ini pada tahun 1973 dimanfaatkan sebagai Museum Mpu Tantular dan pada tahun 2004 dikembalikan kepada pemiliknya yakni Bank Indonesia setelah Museum Mpu Tantular dipindahkan ke Sidoarjo.

Perpustakaan Bank Indonesia ini telah diresmikan pada tanggal 15 Juli 2012 yang saat itu hanya diperuntukkan untuk kalangan internal Bank Indonesia. Saat ini perpustakaan yang menempati gedung yang dahulu disebut Worning voor Agent van Javasche Bank telah resmi dibuka untuk umum dan bisa dinikmati oleh seluruh warga Surabaya dan sekitarnya.

Pada ruang baca utama yang dilengkapi sofa, meja dan kursi belajar yang nyaman, terdapat lebih dari 15000 buku dengan berbagai macam tema, referensi, majalah dan koran/harian lokal maupun mancanegara. Juga tersedia koleksi buku anak dalam berbagai bahasa dan mainan pendidikan di ruang baca khusus anak.

Selain itu perpustakaan ini juga dilengkapi dengan 18 smart PC dan fasilitas wi-fi gratis sehingga pengunjung bebas mengunduh jurnal ekonomi, moneter dan perbankan dengan gratis. (Dee)

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template