Home » » Kedai 1001 Mimpi

Kedai 1001 Mimpi

Judul: Kedai 1001 Mimpi


Penerbit: Gagasmedia
Penulis: Valiant Budi
Tebal: 444 halaman
Terbit: 2011
Sebelum anda memutuskan untuk mendulang emas di negara timur tengah, ada baiknya anda mampir di sini, di Kedai 1001 Mimpi.
Valiant Budi (Vibi) adalah seorang penulis yang memiliki obsesi untuk menulis buku travel di negara timur tengah. Begitu terobsesinya, Vibi pun mendaftarkan diri untuk bekerja sebagai TKI. Dan setelah melalui proses yang cukup panjang dan lama, Vibi diterima bekerja sebagai barista di sebuah kedai kopi internasional di kota Dammam, Arab Saudi.
Dari sinilah kisah nyata perjalanan Vibi sebagai TKI dimulai. Bagaimana Vibi harus beradaptasi dengan semua kejutan budaya yang dialami selama berbulan-bulan. Hingga dia mulai menemukan keganjilan demi keganjilan yang mengejutkan bahkan mengerikan. Harapannya pun musnah. Vibi justru berkeinginan untuk segera kembali ke Indonesia.
Setiap bab dalam buku ini menceritakan serangkaian ceita pendek yang mudah dipahami. Vibi menceritakan semua adegan berdasarkan pengalaman pribadi atau pengalaman para TKI yang dia temui di sana. Apalagi gaya bercerita Vibi yang sarat akan humor dan pandai mempermainkan kata membuat kita sering dibuat meringis sekaligus menangis tragis melihat bagaimana harga diri bangsa ini begitu direndahkan.
"...semua kebusukan negara saya, Indonesia ada di negara lain kok. Tapi keindahan Indonesia belum tentu dimiliki negara lain."
Terus terang membaca buku ini, membuat saya semakin bangga dan mencintai Indonesia. Semakin bersyukur, bahwa kita masih memiliki budaya yang sangat santun dan tradisi lebaran yang khidmat tentunya.
Buku ini sebaiknya dibaca oleh siapa saja yang hendak bekerja di luar negeri terutama di Arab Saudi. Siapkan bekal yang cukup terutama keterampilan dan bahasa, ini PR bagi pengelola PJTKI dan pemerintah tentunya. Vibi sendiri telah membuktikan dengan taktik cerdasnya akhirnya dia bisa berhasil kembali ke Indonesia.
Silakan membaca buku ini dengan pikiran terbuka dan dewasa. Ditemani sepotong kebab dan secangkir kopi semakin menambah panasnya sensasi padang pasir. Selamat menikmati! (Dee)

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template