Home » » Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul

Jika anda berkunjung ke kota tahu Kediri, tidak ada salahnya anda sejenak mengunjungi tempat yang satu ini. Simpang Lima Gumul (SLG) adalah sebuah sebuah Monumen yang mirip dengan L’Arch de Triomphe Paris. Terletak di persimpangan arah Selatan ke Wates, Timur ke Gurah, Utara ke Pagu,  Timur Laut ke Pare, dan arah Barat ke Kota Kediri.

Monumen ini digagas oleh Bupati Kediri, Sutrino dan pembangunannya dimulai sejak tahun 2003. Monumen yang tepatnya berada di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem ini terinspirasi oleh “Jongko Jojoboyo” Raja Kediri abad XII yang ingin menyatukan lima wilayah di Kediri. 

Tujuan awal dibangun Simpang Lima Gumul adalah sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Kediri, sehingga diharapkan roda perekonomian Kediri makin maju. 

Pada gedung utama monumen ini terdapat ruang-ruang untuk pertemuan dan hall auditorium di lantai atas yang beratapkan mirip kubah (dome) serta ruang serba guna di lantai dasar. Terdapat pula diorama di lantai atas dan minimarket yang menjual souvenir di lantai bawah. Monumen ini juga memiliki tiga akses jalan bawah tanah yang menghubungkan tempat parkir dengan monumen ini sehingga pengunjung tidak perlu menyeberang jalan. 

Jika anda mengunjungi tempat ini pada malam ini, anda dapat menikmati aneka jajanan dan makanan khas kediri yang berada tepat di area parkir sambil menikmati suasana Kota Kediri dengan pemandangan ala Perancis. (Dee)

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template