Home » » Fitri Nugrahaningrum : Memberi Cahaya dalam Gelap

Fitri Nugrahaningrum : Memberi Cahaya dalam Gelap

Ditengah kegelapannya dalam melihat dunia, Fitri Nugrahaningrum wanita pejuang pendidikan kelahiran Tanjung Karang yang mengalami kebutaan karena penyakit Sindrom Steven Johnson ini mampu memberikan sinar terang bagi anak-anak di sekitarnya untuk memiliki harapan masa depan yang lebih baik. Sindrom Steven Johnson menyebabkan penglihatannya mundur saat ia kelas V SD dan benar-benar hilang saat duduk di bangku SMA.

Kisah perjuangan Fitri berawal saat ia mengikuti orang tuanya yang baru saja pindah dari Lampung ke Kota Solo. Waktu itu, ketika Fitri sedang sedang jalan tiba-tiba ada mobil yang akan menabraknya, beruntung ada gerombolan anak jalanan menolong dan menuntun Fitri yang tuna netra itu ke pinggir jalan. Dari perkenalannya dengan anak-anak penolongnya itu, hati Fitri tergerak untuk berbuat sesuatu. Muncul niat untuk mengajak anak-anak tersebut belajar di rumahnya, apalagi setelah mengetahui sebagian diantara anak-anak tersebut tidak bisa melanjutkan sekolah dan merupakan anak jalanan. Ia pun berinisiatif mendirikan sebuah tempat pendidikan anak Al-Fitrah, di tempat tinggalnya yang sederhana di Kecamatan Jebres – Solo, Jawa Tengah.

Fitri, lulusan S-2 Program Pengembangan Masyarakat Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah, itu mengajar 100-an anak usia 2-12 tahun dalam kelompok belajar Sahabat Anak Raih Asa (Sahara). Ia dibantu para relawan yang bekerja tanpa gaji. 

Selain mengajarkan Al Quran, Fitri menggabungkan berbagai konsep dan metode pendidikan formal dan non formal. Anak-anak juga diberi muatan tentang moral dan budi pekerti, keterampilan, teater, serta kegiatan luar ruang. Mereka juga diajari kewiraswastaan agar nantinya bisa mandiri secara ekonomi.

Tak hanya di Solo, tahun 2009 keputusan pindah dan menetap tinggal di Lombok Barat setelah menikah dengan pria asli daerah itu, tak lantas menyurutkan usahanya memerangi kebodohan. Sebuah prestasi yang mungkin saja orang normal tanpa kekurangan akan sulit mewujudkannya. (Dee-berbagai sumber)


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template