Home » » Jalan Kaki, Olahraga Termurah dengan Banyak Manfaat

Jalan Kaki, Olahraga Termurah dengan Banyak Manfaat


Di masyarakat kita jalan kaki masih kurang membudaya. Padahal olahraga ini selain mudah juga murah dan yang paling penting memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Berjalan kaki secara teratur sekitar 30 - 45 menit setiap hari bisa menjaga tubuh selalu dalam kondisi sehat dan bugar.

Berikut ini adalah 9 alasan mengapa anda harus mulai mengubah gaya hidup dengan memperbanyak jalan kaki.

1. Mudah.  Anda bisa berjalan kaki di mana saja. Mulailah dengan 10 sampai 15 menit, setelah itu dapat ditingkatkan secara bertahap. Jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman. Pilihan sepatu yang salah bisa menyebabkan cedera pada kaki anda.

2. Meningkatkan semangat. Berjalan dapat membantu anda mendapatkan oksigen lebih selain juga dapat memfasilitasi pelepasan endorfin dan mendapatkan hormon baik. Ini bermanfaat meningkatkan semangat, suasana hati, menghilangkan stres. 

Sebuah studi yang dimuat dalam Annals of Behavioral Medicine menunjukkan, siswa yang berjalan secara teratur memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan mereka yang terlalu sering duduk, berolahraga sedikit atau tidak sama sekali. 

3. Meningkatkan otak. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging menyimpulkan bahwa, berjalan kaki selama 45 menit sehari mampu mempertajam kemampuan mental. Ini membuktikan bahwa latihan dalam bentuk apapun bisa membantu meningkatkan kemampuan fisik, mental dan kewaspadaan. 
    
4. Mengurangi risiko sakit jantung dan stroke. Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga melakukan fungsi pelindung secara keseluruhan.

5. Mempertahankan tingkat gula darah. Berjalan kaki selama 45 menit di pagi hari bisa membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah. Sedangkan berjalan kaki selama 30 menit atau lebih pada malam hari membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Berjalan tidak hanya menguntungkan bagi penderita diabetes, tetapi juga membantu dalam mengurangi resiko terkena diabetes pada orang-orang yang rentan terhadap penyakit ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit sehari memperkecil risiko diabetes untuk orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan maupun yang tidak.    

6. Mencegah disfungsi seksual. Berjalan cepat selama setidaknya dua mil (3.2 km) setiap hari bisa mengurangi impotensi pada pria. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat Journal of American Medical Association dan efeknya lebih terlihat pada pria berusia tengah baya dan pada pria penderita diabetes.    

7. Mengurangi risiko kanker.  Berjalan kaki ternyata juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan kanker bahkan mampu meningkatkan kesempatan mereka untuk pulih dan bertahan hidup. 

Berjalan juga membantu dalam mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti payudara dan usus besar. Sebuah makalah yang disajikan pada Pertemuan Tahunan ke-95 American Association for Cancer Research di Orlando menunjukkan bahwa berjalan meningkatkan kelangsungan hidup penderitaan dari kanker payudara.

8.  Menjaga berat badan. Jika anda mempunyai keinginan menurunkan atau menambah berat badan, berjalan bisa menjadi salah satu jenis latihan yang dapat membantu anda terkait kedua masalah tersebut. Berjalan bila diikuti dengan diet terkontrol membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak beberapa inci. Berjalan juga bisa sebagai latihan aerobik untuk membantu Anda dalam menjaga berat badan setelah tujuan Anda tercapai.

9. Panjang umur. Sebuah penelitian jantung di Honolulu yang melibatkan 8.000 pria, ditemukan bahwa dengan berjalan kaki dua mil (3.2 km) per hari mengurangi risiko kematian hampir 50 persen. Risiko kematian akibat kanker bahkan ditemukan lebih rendah. Beberapa studi lain juga mengungkap temuan yang sama. Jadi, berjalan membuat hidup anda lebih lama.


Nah, atur jadual sekarang untuk memulai berjalan kaki. Supaya lebih menyenangkan coba ajak teman-teman anda untuk berjalan kaki bersama-sama.

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template