Home » » Ukuran Ponsel, Lebih Besar Lebih Baik?

Ukuran Ponsel, Lebih Besar Lebih Baik?

Kita semua mengetahui pada awal keluarnya ponsel bentuknya sangat besar. Ini dikarenakan bentuk baterai saat itu sangat besar, ditambah dengan tombol-tombol yang memang tidak bisa sekecil sekarang.

Tidak banyak orang menenteng ponsel saat itu. Selain karena bentuknya yang besar pada tahun 1984 harga ponsel cukup mahal. Jadi kebutuhan ponsel benar-benar untuk keperluan bisnis. Bukan trend atau bahkan fashion seperti saat ini.

Pada tahun 1992 layar LCD mulai dibuat lebih besar dan tombol-tombol mulai diperkecil. perangkat juga mulai lebih ringan dan menyesuaikan dengan tangan. Dari sini awal perkembangan ponsel, dan perlombaan penyusutan ponsel telah dimulai.

Pada tahun 1998 browser WAP telah bergabung dengan panggilan/layanan SMS dari ponsel, pada tahun 1999 GPS pertama diperkenalkan, pada 2000 teks prediktif bergabung dan kita mulai  melihat layanan lebih banyak pada ponsel, segera setelah keyboard QWERTY penuh tampil, FM radio chip, Bluetooth dan layar penuh warna muncul pada tahun 2001, ponsel telah menjadi instrumen yang jauh lebih baik dengan perbaikan desain, warna dan kemampuan, tetapi masih mempertahankan layar 1,5 inci dan keypad.

Tahun 2002 muncul GPRS dan kamera untuk ponsel serta ponsel touchscreen pertama di pasaran. Selama waktu ini spesifikasi telah terus tumbuh, CPU lebih cepat, lebih banyak warna pada layar, kamera yang lebih besar tetapi saat itu bentuk ponsel masih kecil dan ringan.


Ketika data 3G bergabung  dan kamera campuran depan belakang serta panggilan video mulai diperkenalkan pada ponsel, layar semakin besar, namun telepon belum dengan layar 2,8''

Kemudian pada tahun 2006 telepon dual core pertama diperkenalkan, dan kemudian seseorang melakukan sesuatu yang berbeda, Apple keluar dengan telepon premium, dan untuk pertama kalinya membuat ponsel standar yang lebih besar.

iPhone yang menyebabkan pasar beralih cepat dari ponsel kecil dengan banyak fitur ke mereka lebih besar dan lebih besar lagi. Pertama kalinya HTC datang dengan model HD dan naik ke 3,8 "kemudian untuk memecahkan rekor mereka sendiri sampai dengan 4.3" yang merupakan standar untuk beberapa saat, Apple tidak meningkatkan ukuran, dan yakin bahwa ukuran layar 3,5 optimal untuk smartphone dan kecuali iPad, berukuran seperti netbook di pasaran - 10,1"


Samsung memiliki ukuran sendiri yakni 4,3"(4,5" di Amerika Serikat) dan juga keluar tablet dengan ukuran 10 "dan 8" sementara amazon meningkatkan e-book mereka ke tablet7 ".


Bahkan Apple bergabung meramaikan pesta dengan ukuran layar meningkat menjadi 4 dan tablet mereka/e-book menjadi 6".


Smartphone masa depan?


Meskipun dari semua yang dapat dilakukan oleh smartphone dan terlepas dari apa yang kita gunakan, kita tidak boleh lupa bahwa smartphone mobile adalah perangkat komunikasi yang harus bergerak, masuk ke dalam saku dan mudah dipegang oleh tangan kita. Dan jika Google dan MS semakin berkembang, ponsel akan menggantikan dompet kita. Seperti yang kita lakukan dengan kartu kredit/dompet anda seharusnya ukuran ponsel tidak begitu besar sehingga kita harus meletakkannya di meja setiap kali kita duduk daripada terus dalam saku, bagaimanapun, layar terlalu kecil juga buruk bagi mata dan sangat membatasi apa yang dapat kita lakukan di atasnya, untuk alasan itu ukuran 3,8-4,3 (4,8 untuk pemilik tangan besar) sudah cukup tepat.



Tablet adalah cerita yang lain, mereka mulai keluar sebagai sebuah konsep, upaya untuk mengubah mobile PC klasik, laptop/netbook/notebook/ultrabook tetapi ada yang mengganggu, tidak satupun dari mereka menggunakan sistem operasi yang sesuai dengan tujuan ini, baik iOS dan android adalah sistem operasi yang dirancang untuk Smartphone, perangkat kecil yang anda pegang di tangan anda. Jadi jangan tertipu dengan ukuran seperti itu, pada dasarnya hanyalah smartphone dengan layar besar, sehingga tak heran ukurannya terus semakin kecil dan lebih kecil.

Sesuatu masih akan terus berubah, apakah itu upaya MS menciptakan OS tunggal untuk tablet dan PC atau Google/Apple berupaya menambah fungsionalitas lebih dan memperkecil jarak antara PC dan tablet sampai akan terlalu tipis untuk melihat. Apapun yang terjadi pada ponsel, yang semakin besar fungsi mereka penuhi, maka yang terjadi pada tablet, ukuran 6-8" adalah terlalu kecil dan akan bermain pada ukuran 9"-12". Sesuatu yang lebih kecil dibuat untuk tujuan tertentu daripada perangkat penuh baku seperti eBook 7" yang sempurna untuk membaca satu tangan saat anda berdiri. Tapi apakah anda akan tahan meletakkan di samping telinga anda dan berbicara, atau lebih suka menggunakannya untuk memperbarui spreadsheet atau mengedit foto lebih dari satu 10".

Jadi ukuran apa yang cocok bagi anda?








Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template