Home » » Museum Majapahit Trowulan Mojokerto

Museum Majapahit Trowulan Mojokerto


Sejarah mencatat bahwa Indonesia pada masa lampau terdiri dari beberapa kerajaan, salah satunya di Jawa Timur. Bagi anda pecinta sejarah dan arkeologi, ada baiknya anda mengunjungi tempat ini, yaitu Museum Majapahit yang terletak di daerah Trowulan Mojokerto.


Sesuai dengan nama dan lokasinya, kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari artefak kerajaan Majapahit. Inilah situs Kerajaan Majapahit dari masa abad  XIII – XV Masehi. Selain dari kerajaan Majapahit, di museum ini juga terdapat penemuan-penemuan artefak dari kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singosari. 

Di sini anda akan diajak berimajinasi tentang kehidupan dari sebuah kerajaan terbesar di Indonesia lebih dari 700 tahun yang lalu dan mengetahui bagaimana tingkat peradaban di Trowulan di masa Majapahit, mulai dari sistem pemerintahan, perdagangan, hubungan luar negeri, teknologi, arsitektur, pertanian, hingga seni kerajinan.


Museum yang juga dikenal sebagai Museum Trowulan ini terletak di sebuah dataran yang merupakan ujung dari kaki tiga gunung yakni Gunung Penanggungan, Welirang, dan Anjasmoro. Tepatnya di sekitar delta Sungai Berantas, sekitar 10 Km barat daya Kota Mojokerto, atau sekitar 60 km barat daya Surabaya. 

Selain mengelilingi situs purbakala ini anda juga bisa melihat langsung talenta masyarakat Trowulan dalam seni kerajinan logam, batu, maupun terakota. Di sepanjang Dusun Kedungwulun, Desa Bejijong anda bisa mendapati pengrajin logam, khususnya kuningan. Di sini tersedia juga aneka cendera mata, dari tingkat kesulitan yang mudah sampai sangat rumit dengan harga yang terjangkau untuk anda beli sebagai oleh-oleh. (Dee)


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template