Home » » Sukses Mengelola Toko Online 1

Sukses Mengelola Toko Online 1

image: amqanet.com
Memiliki usaha dengan waktu fleksibel dan bisa dilakukan di rumah adalah dambaan setiap orang. Dengan semakin meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia, maka salah usaha yang banyak di pilih adalah online shop atau toko online. Saat ini hampir semua produk yang kita cari dan butuhkan tersedia di internet. 

Dengan modal yang jauh lebih hemat daripada membuka toko atau menyewa stand di pertokoan, ditambah dengan biaya internet yang semakin murah serta pelayanan ekspedisi yang semakin baik, persaingan toko online di dunia maya pun kian sengit. 

Kini setiap orang bisa dengan mudah memiliki toko online, tetapi mungkin tidak semua mampu mengelolanya dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengelola toko online.

1. Kualitas Produk/Jasa
Meskipun di dunia maya calon pembeli tidak bisa menyentuh produk secara langsung, tetapi Anda tetap harus pastikan bahwa kualitas produk/jasa yang anda jual adalah bagus. Jika Anda memilih berjualan dengan sistem dropshiper atau reseller, pastikan Anda mengetahui produk yang dijual oleh  produsen Anda. Jangan asal jual. Menjual produk dengan kualitas buruk adalah 'blunder'. Konsumen yang tidak puas lebih mudah menyebarkan keburukan toko Anda. 

2. Kualitas Website 
Setelah produk, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kualitas website. Kebanyakan para pemula toko online hanya menjual produknya melalui media sosial seperti facebook atau twitter. Padahal potensi pembeli bisa lebih meningkat jika Anda memiliki website khusus toko Anda. Jangan khawatir saat ini harga jasa pembuatan web toko online saat ini juga murah, atau Anda bisa memulainya dengan menggunakan blog. 

Jika Anda sudah memiliki website tersebut, perhatikan hal-hal berikut:
  • Pastikan situs Anda bisa terbuka kurang dari 30 detik diukur dengan modem jaringan edge. Loading yang lambat akan membuat calon pembeli menutup situs Anda dan berpindah ke situs yang lainnya.
  • Buat desain yang nyaman untuk dilihat. Utamakan pandangan pengunjung
  • Rajin unggah produk-produk terbaru dengan kualitas foto yang baik. Buat foto sedemikian rupa yang mewakili produk Anda, terutama dalam hal warna dan ukuran. Jangan sampai membuat pelanggan kecewa mendapatkan produk yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan. 
  • Berilah deskripsi sesuai dengan produk Anda. Ingat, ini sangat penting karena berpengaruh pada pencarian di Google. 
3. Promosi di Sosial Media

Berkaitan dengan nomor dua di atas, maka media sosial bisa digunakan untuk meningkatkan pengunjung website. Pasang url Anda di semua akun sosial media yang Anda miliki. Buka semua jalur komunikasi dengan calon pembeli melalui facebook, YM, twitter, sms, telepon, BB atau skype jika diperlukan. 
Komunikasi sebelum membeli ini sangat menentukan. Cantumkan pula waktu pasti Anda bersedia melayani misalkan, Hubungi Customer Service 08.00 - 17.00 setiap hari kerja. Anda pun harus memenuhi komitmen ini. 

(bersambung)  
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template