Home » » Ibu Hamil, Perbanyak Konsumsi Alpukat

Ibu Hamil, Perbanyak Konsumsi Alpukat





Siapa yang tidak mengenal alpukat, buah ini meskipun asalnya dari Amerika Tengah dan Meksiko, tetapi juga banyak ditemukan di Indonesia.

Banyak kandungan yang terdapat dalam buah yang memiliki biji besar ini termasuk 11 vitamin dan 14 mineral yang penting bagi tubuh. Alpukat banyak mengandung protein, kalium, vitamin C, vitamin B2 (riboflavin) dan Vitamin B3 (Niacin)

Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang memiliki peran positif bagi tubuh, terutama bagi perempuan hamil. Perempuan hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi alpukat, karena kebutuhan akan lemak tinggi sebagai penghasil energi, dan karena kandungan lemak dalam alpukat adalah tak jenuh, sehingga cukup baik bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Bagi Anda yang sedang merencakanan kehamilan juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi alpukat karena kandungan asam folat yang terkandung dalam alpukat sangat dibutuhkan setidaknya sejak sebelum kehamilan dan selama kehamilan terutama saat embrio yang baru dibentuk. Kekurangan asam folat dapat mempengaruhi pembentukan fungsi otak, saraf dan sumsum tulang yang mengakibatkan kelainan pada bayi yang dilahirkan, seperti masalah jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih dan cacat anggota tubuh lainnya.

Asam folat adalah vitamin B9 yang termasuk dalam vitamin B kompleks, vitamin yang larut air. Jadi vitamin tidak disimpan dalam tubuh lebih lama dan dikeluarkan oleh urin. Vitamin ini membantu tubuh dalam memproduksi DNA dan RNA, bahan genetik tubuh.

Alpukat juga kaya serat yang membantu mencegah sembelit yang sering dialami oleh tubuh.(berbagai sumber)



Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template