Home » » Kurangi Resiko Penyakit Jantung dengan Mengonsumsi Kedelai

Kurangi Resiko Penyakit Jantung dengan Mengonsumsi Kedelai

image: mytipstips.com

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Kacang kedelai yang mempunyai nama ilmiah Glacine Max ini adalah salah satu polong-polongan yang berasal dari Cina, kemudian dipopulerkan ke negara-negara asia lainnya. Di Indonesia, kacang kedelai biasanya kita temukan setelah menjadi makanan seperti tahu dan tempe. Kecap pun ada yang terbuat dari kacang kedelai. Bahkan saat ini kita banyak menjumpai kedelai dalam bentuk susu yang telah diedarkan di pasaran.

Kacang kedelai mengandung banyak nutrisi yang memiliki khasiat dan sangat baik untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam kacang kedelai seperti protein, mineral, lemak, karbohidrat, gula, serat, arginin, kalisum, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin K, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan kandungan bermanfaat lainnya.
Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Dr. David Jenkins dari rumah sakit St Michael di Toronto bersama dengan rekannya melakukan percobaan dari efek samping mengkonsumsi banyak makanan dari jenis sayuran ini terhadap 121 orang penderita diabetes.

Mereka menemukan bahwa jenis sayuran dengan indeks glikemik rendah yang dikonsumsi para responden, dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 0,8 persen. Sebagian besar disebabkan karena kadar gula darah yang menjadi normal.

Kacang kedelai mengandung protein dan isoflavon yang dapat membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Dari sini khasiat kacang kedelai dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian lain menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata. Susu kedelai mampu mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, serta Stroke.


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template