Home » » Tips Menyimpan Bahan Makanan dalam Lemari Es

Tips Menyimpan Bahan Makanan dalam Lemari Es


Lemari es adalah media yang paling umum digunakan untuk menyimpan bahan makanan segar seperti sayuran, buah-buahan, ikan dan daging agar bisa bertahan lebih lama. Namun perlu diingat, beberapa sayuran dan buah-buahan bisa rusak karena pengaturan suhu yang terlalu rendah. Untuk itu perlu dicatat bahwa pengaturan suhu yang tepat dapat menjaga kandungan gizi dengan baik, segar dan tidak rusak secara fisik.

Berikut adalah tips tentang penyimpanan bahan makanan dalam lemari es:

  • Lemari es harus ditetapkan pada suhu 4 derajat Celsius atau kurang. Suhu ini cukup membantu memperlambat proses enzimatik dan pertumbuhan bakteri, tetapi tidak terlalu dingin untuk mempengaruhi kualitas makanan. Untuk memastikan bahwa suhu masih rendah, lebih baik menggunakan termometer dalam lemari es.
  • Selalu menggunakan penutup makanan dalam lemari es. Jika tidak, makanan akan mudah kering, menurunkan kualitas dan menjadi tidak menarik dalam waktu singkat. Hal ini karena udara dalam lemari es sangat kering. Menutupi makanan juga mencegah makanan lunak menyerap bau dari makanan lain.
  • Untuk diketahui, bahwa lemari es tidak membunuh bakteri dan tidak bisa meningkatkan kualitas makanan. Suhu dingin lemari es memperlambat enzimatik dalam makanan dan reproduksi bakteri. Hal ini memperpanjang kualitas, rasa dan tekstur makanan dan menjaga makanan dengan lebih aman.
  • Jangan mengisi kulkas terlalu penuh, selalu pastikan ada ruang yang cukup antara makanan yang bisa membuat udara bebas bersirkulasi. Sehingga suhu akan lebih merata.
  • Gunakan termometer kulkas untuk memeriksa suhu di rak. Bagian paling dingin dari kulkas, bukan tempat untuk menyimpan makanan yang rentan seperti selada dan buah-buahan seperti pepaya.
  • Rak di bawah freezer adalah rak terdingin kedua setelah freezer, sehingga bahan makanan yang cocok disimpan di rak ini adalah susu, ikan, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin agar tidak mudah basi.
  • Rak di bagian pintu adalah bagian kulkas yang paling hangat. Setiap dibuka, bagian tersebut akan menyentuh udara yang lebih hangat. Barang yang bisa disimpan di sini adalah: bumbu kering, minuman, telur, permen.
  • Makanan yang membutuhkan pendinginan harus dimasukkan ke dalam lemari es minimal 2 jam setelah dimakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  • Bersihkan kulkas secara teratur. Buang sayuran, buah dan makanan yang tidak dikonsumsi.


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template