Home » » Komunitas Jendela: Kami Ada untuk Membuka Cakrawala Anak Indonesia

Komunitas Jendela: Kami Ada untuk Membuka Cakrawala Anak Indonesia

We are not just building a library. We are building a future. 

Begitulah bunyi tagline dari sekumpulan anak muda Yogyakarta yang ingin melakukan sesuatu untuk masyarakat di sekitarnya, khususnya untuk anak-anak. Dari sini lahirlah sebuah komunitas berjiwa muda yang fokus berkarya dan berkontribusi pada pendidikan anak. Terbentuk tanggal 12 Maret 2011 dan bernama Komunitas Jendela, komunitas ini ingin membuka cakrawala  bagi anak-anak Indonesia. 

Dua point utama lahirnya komunitas ini adalah membentuk kemandirian belajar anak-anak, dan bagi anak muda Indonesia adalah sebagai wadah untuk membentuk kemampuan leadership melalui berbagi pengetahuan dan kasih sayang pada anak-anak.

Program pertama dari Komunitas Jendela adalah membangun perpustakaan untuk anak di Shelter Merapi Gondang 1 Cangkringan dengan melakukan program pendidikan berkelanjutan mendidik anak-anak pengungsi merapi di Shelter Gondang 1 dalam pengelolaan perpustakaan yang telah didirikan.

Dengan membuka kerja sama dengan berbagai pihak, Komunitas Jendela semakin mengembangkan program-programnya. Selain itu, Komunitas Jendela dikelola dan digerakkan oleh para relawan yang berasal dari berbagai daerah. Relawan-relawan tersebut berasal dari berbagai latar belakang dan bekerja secara sukarela. 

Fokus kegiatan Komunitas Jendela adalah pengembangan pendidikan anak terutama pada minat baca anak. Namun tak jarang mereka juga mengadakan program untuk orang tua seperti diskusi dengan warga yang bertujuan untuk membangun kesadaran orang tua akan perlunya pendampingan menonton televisi untuk anak dan pentingnya mendongeng atau membaca buku bersama anak-anak. 

Saat ini, komunitas jendela telah ada di beberapa kota. Salah satunya di Jakarta. Untuk yang di Jakarta konsep kegiatan Komunitas Jendela masih sama, tetapi sasarannya adalah anak-anak dari keluarga pemulung yang tidak memiliki kesempatan untuk bersekolah. Di sini anak-anak belajar membaca, menulis, dan berhitung, sambil tetap diperkenalkan buku ke anak-anak tersebut. Kegiatan yang dilakukan tetap pada koridor pendidikan anak-anak melalui baca dengan berbagai selingan bermain dan workshop.

Selain di Yogyakarta (pusat) dan Jakarta (@JendelaJakarta) Komunitas Jendela juga mulai berkembang  di Bandung .

Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dan memberikan dukungan bisa menghubungi
Setiawan Agus +6285729015930  (@IniJendela)
Prihatiningsih (Prie) +6285729846310 (@JendelaJakarta)


Sumber:
www. .komunitasjendela.org



Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template