Home » » Pohon Inspirasi, Menghimpun Inspirasi dari Pohon dan Menebar Cinta untuk Alam.

Pohon Inspirasi, Menghimpun Inspirasi dari Pohon dan Menebar Cinta untuk Alam.

Berdasarkan pengalamannya mengelilingi hutan di Indonesia, dan melihat betapa lingkungan alam sekitar banyak sekali yang rusak, banyak hutan gundul, tidak ada pohon, serta budaya masyarakat yang cenderung bersemangat untuk menebang daripada menanam. Achmad Siddik Thoha, Dosen Universitas Sumatera Utara terinspirasi untuk membentuk sebuah komunitas yang ia sebut sebagai Komunitas Pohon Inspirasi (PI).

Semua berawal dari pohon. Pohon adalah istana bagi banyak kehidupan. Ia adalah sumber inspirasi hidup tanpa batas. Pohon Inspirasi mencoba menghimpun inspirasi dan cinta untuk menebar kebaikan bagi lingkungan. 

Melalui tulisan-tulisan yang ia posting lewat internet, alumnus IPB itu mencoba melakukan pendekatan untuk menyentuh kesadaran masyarakat yang belum menyadari pentingnya pohon. Achmad Siddik banyak menggali hikmah-hikmah pohon dan hutan yang ia peroleh dari pengalamannya berkeliling hutan, naik gunung dan bahan kuliah sejak kuliah sarjana. Ia yakin ada peluang-peluang kebaikan yang bisa dituai di situ dan ia kembangkan inspirasi-inspirasi dari kehidupan yang lebih luas. Ketika masyarakat telah merasa mendapat manfaat dan sudah tersadarkan jiwanya, kemungkinan mereka antusias untuk berpartisipasi apabila diajak aksi. 

Dari dunia maya itulah Komunitas PI terbentuk dan memiliki anggota dari berbagai daerah di tanah air, bahkan ada warga Negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Komunitas yang terbentuk tanggal 7 Januari 2010 ini pun mulai menunjukkan eksistensinya di dunia nyata. Momen Hari Pohon Sedunia yang jatuh tanggal 20 Nopember dijadikan langkah awal untuk mewujudkan visi dan misi komunitas ini dengan mengadakan aksi nyata. 

Menurut Achmad Siddik, untuk memperbaiki lingkungan hidup salah satu pintu masuknya adalah dengan menanam pohon. Maka aktivitas utama komunitas ini adalah dengan menanam pohon yang dilanjutkan dengan proses pemeliharaan. 


Sejak saat itu Pohon Inspirasi mengadakan berbagai kegiatan, dimulai dari pembagian bibit pohon ke masyarakat dan menanamnya di lingkungan masing-masing, memberikan pendidikan kepada  anak-anak dengan bermain, belajar dan menanam bersama pohon, pelatihan pengolahan sampah rumah tangga, dan beberapa kegiatan serupa dalam memperingati hari Bumi atau hari Lingkungan Hidup.

Dalam waktu dekat, Pohon Inspirasi sedang menyiapkan pentas kreativitas anak-anak Limus Kid Farming (LKF) yang sedianya diadakan pada bulan Juni 2013. Pentas kreativitas berupa penampilan seni dari anak-anak (puisi, menyanyi atau menari) serta pameran kreativitas. LKF merupakan program belajar bersama bagi anak-anak dengan obyek pertanian terintegasi yang berlokasi di Bogor.

Selain itu PI juga berencana mengadakan pelatihan fasilitator pendidikan lingkungan alam sekitar untuk generasi muda.

Ditanya tentang rencana PI jangka panjang, Achmad Siddik mengatakan ingin memiliki tempat koleksi bibit dan pohon khas Indonesia dan mendirikan sekolah pohon inspirasi. 


Sumber:
Achmad Siddik Thoha
Komunitas Pohon Inspirasi
http://komunitaspohoninspirasi. blogspot. com
@komunitas_pi


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template