Home » » Kembang Goyang, Jajanan Kuno Khas Betawi

Kembang Goyang, Jajanan Kuno Khas Betawi

image: indonesiakaya.com
Jajanan yang satu ini dulu tidak asing lagi bagi kita dan banyak ditemukan di berbagai daerah terutama sebagai suguhan pada hari Raya Idul Fitri atau pada acara-acara hajatan. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa jajanan ini berasal dari Betawi. 

Kembang Goyang, nama tersebut diambil karena bentuknya yang menyerupai kelopak kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang supaya adonan terlepas dari cetakan. Rasanya gurih, manis, dan renyah. Biasanya disajikan dalam toples-toples kaca bening yang besar. 

Seiring semakin banyaknya jenis kue kering yang muncul, jajanan yang satu ini sepertinya mulai dilupakan orang. Beberapa masyarakat asli Betawi yang masih peduli untuk melestarikan makanan tradisonal tersebut membuat beberapa varian rasa kue kembang goyang, yaitu dari mulai rasa manis, rasa gurih, rasa keju, hingga rasa pandan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan makanan khas Betawi ini sebagai bisnis rumahan, Anda tidak perlu khawatir. Bahan bakunya mudah didapatkan, begitu pula cara membuatnya juga sangat mudah. Terbuat dari bahan dasar tepung beras atau tepung ketan bersama gula, telur, santan dan minyak goreng. Jangan lupa yang terpenting adalah cetakan kembang goyang. Cetakan tersebut terbuat dari bahan alumunium berbentuk kembang dan gagang yang terbuat dari kayu panjang.

Cara membuatnya, kocok telur dan gula hingga lembut, kemudian masukkan tepung dan santan. Aduk hingga tercampur rata dan adonan licin. Anda bisa menambahkan essens sesuai selera. Sementara panaskan minyak di wajan. Celupkan cetakan ke minyak panas hingga panas. Setelah itu celupkan cetakan ke adonan. Celup lagi cetakan ke minyak panas. Setelah itu goyang-goyangkan hingga adonan lepas sehingga  jadilah kue kembang goyang yang sangat cantik.

Nah, Anda pun sudah turut melestarikan salah satu makanan khas asli Betawi dan memperkaya kuliner Nusantara. 


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template