Home » » Berenang, Jaga Kesehatan Sekaligus Bentuk Tubuh Lebih Sempurna

Berenang, Jaga Kesehatan Sekaligus Bentuk Tubuh Lebih Sempurna


Berenang adalah olahraga yang digemari banyak orang. Olahraga ini sangat cocok bagi hampir semua kalangan, termasuk bagi ibu hamil, bayi, anak-anak, orang-orang yang memiliki masalah dengan obesitas, dan penderita gangguan persendian tulang. 

Dengan berenang minimal dua kali seminggu selama 15-60 menit, selain dapat menjaga kesehatan, berenang juga dapat membentuk tubuh lebih sempurna. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga berenang:

1. Menghilangkan stres
Olahraga berenang mampu menghilangkan stres. Bersentuhan dengan air dapat membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran. Dalam gerakan renang yang dilakukan dengan santai dan perlahan mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.

2. Baik untuk penderita asma
Berenang mampu memperkuat sistem pernapasan sehingga cocok untuk penderita asma. Gerakan dalam renang bisa membuat sistem pernapasan lebih panjang dan tubuh sehat. Olahraga ini memerlukan beberapa kontrol napas dan juga meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan terkait kapasitas pernapasan.

3. Meningkatkan Fungsi Kerja Jantung
Selain baik bagi penderita asma, berenang juga sangat baik mencegah penyakit jantung, seluruh gerakan yang dilakukan saat berenang dapat membantu membangun otot jantung. Dengan begitu, jantung akan memompa darah pada tingkat yang lebih cepat. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan seseorang.

4. Membakar Kalori Lebih Banyak
Berenang tidak diragukan lagi dapat membakar kalori. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari obesitas. Karena menggerakkan seluruh tubuh, renang merupakan olahraga kardio terbaik. Sebuah studi menunjukkan bahwa berenang selama satu jam dengan intensitas sedang dapat membakar sekitar 500 kalori. Olahraga renang membantu meningkatkan metabolisme, sehingga akan lebih banyak membakar kalori. Sebagai pemanasan lakukan juga lari cepat (sprint) untuk mencegah cidera, kram, dan membuat proses metabolisme tubuh jadi lebih cepat. Ini sangat baik bagi penurunan berat badan.

5. Membentuk dan Menguatkan Otot
Berenang tidak hanya membuat otot punggung dan lengan Anda bekerja keras, tetapi otot-otot lain di seluruh tubuh juga ikut berkontraksi. Saat bergerak di dalam air, bagian-bagian tubuh juga akan mengerahkan 12 kali lebih banyak kekuatan karena harus melawan massa air. Kondisi inilah yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh sehingga secara tidak langsung dapat membuat otot lebih kencang dan berbentuk.

6. Menambah tinggi badan
Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, berenang bisa membuat tubuh lebih tinggi. Bagi orang dewasa, berenang pun bisa memperbaiki postur tubuh sehingga bisa terlihat lebih tinggi.

7. Manfaat bagi ibu hamil
Berenang dapat membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak, meringankan rasa mual yang muncul selama kehamilan, dan menjaga kesehatan jantung. Keberadaan air juga bisa mengurangi beban atau tekanan pada sendi dan otot, serta memperkuat otot-otot, termasuk otot di sekitar panggul yang bisa membantu memudahkan proses persalinan.

8. Menyegarkan badan
Berenang adalah olahraga yang paling menyegarkan karena sepanjang aktivitas, dilakukan di dalam air. Sehingga tidak heran jika banyak wanita yang memilih olahraga ini, karena menyukai latihan yang tidak membuatnya berkeringat dan gerah setelahnya.





Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template