Home » » Running for Hope

Running for Hope

Judul : Running for Hope
Penerbit : Bentang Pustaka
Penulis: Dona Sikoembang
Tebal: 231 halaman
Terbit: 2013

Amonna Permata atau akrab dipanggil Monna adalah seorang gadis yang mendambakan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia. Tapi kemiskinan harus menggerus mimpi Monna. 

Monna membenci kemiskinan, ia bersikeras mewujudkan impiannya dan ingin mengubah hidupnya dan keluarganya. Belum lagi berbagai cemooh dan tertawaan yang ia terima, Monna pun tidak menyia-nyiakan satu-satunya kesempatan mengikuti ujian seleksi Perguruan Tingi walau akhirnya ia sadar bahwa ia tidak akan pernah bisa mengenyam pendidikan di UI dan memutuskan untuk menjalani takdir hidupnya. 

Buku ini mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah mengejar mimpi-mimpi kita, meskipun jalan yang dilalui tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tapi Tuhan memiliki cara yang lebih baik hingga akhirnya kita bisa memeluk mimpi kita. 

Namun sayang, sepanjang membaca buku ini saya kesulitan menemukan di mana desa tempat Monna tinggal. Saya hanya berhasil menemukan bahwa novel ini bersetting di Sumatera Barat. Padahal seharusnya penulis bisa mendiskripsikan tempat ini lebih jauh lagi, seperti yang berhasil dilakukan Andrea Hirata pada Pulau Belitung. 

Buku ini ditulis oleh Dona Sikoembang dan merupakan buku pertamanya. Dona menulis dengan permainan bahasa yang lembut dan menarik. Namun alur cerita pada awal-awal tulisan yang berjalan lambat, menelusuri kehidupan Monna yang berliku, tiba-tiba terasa cepat di bagian tengah dan akhirnya berhenti begitu saja. Ditambah pula kisah percintaan yang mendapat porsi terlalu banyak dan terkesan dipaksakan, seakan melupakan perjuangan Monna untuk mewujudkan mimpinya.

Sebuah kisah yang masih banyak dijumpai di sekitar kita lengkap dengan ragam kepedihannya. Buku ini sangat menginspirasi. (Dee)

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template