Home » » Google Mulai Terjemahkan Bahasa Jawa

Google Mulai Terjemahkan Bahasa Jawa

Memiliki layanan yang menerobos bahasa-bahasa di dunia, Google Translate mulai mengembangkan layanannya dengan menerjemahkan bahasa Jawa. 

Google Translate saat ini telah menerjemahkan 70 bahasa yang ada di dunia dan berharap terus menambahkan lebih banyak lagi. Bahasa Jawa dipilih karena bahasa ini merupakan bahasa kedua yang paling sering digunakan di Indonesia dengan 83 penutur asli. 

Ketika kami mencoba layanan baru ini, tertulis status Alpha yang artinya layanan ini masih dalam pengembangan dan belum setara dengan kualitas terjemahan bahasa lain. Mari kita lihat apakah Google mampu menerjemahkan bahasa Jawa dengan baik dan benar mengingat Bahasa Jawa memiliki tingkatan khusus seperti bahasa Jawa Ngoko, Krama, Krama Inggil dan Krama Madya, dimana tingkatan ini didasarkan pada usia, wilayah dan kondisi lingkungan. 



Setidaknya dengan adanya layanan terjemahan online ini, diharapkan bahasa Jawa bisa dipertahankan keberadaannya, dan menjadi daya tarik untuk dipelajari. Dengan begitu bahasa Jawa bisa berkembang dan mampu bersaing dengan perkembangan bahasa lain di dunia.



Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template