Home » » Pasar Windujenar Solo

Pasar Windujenar Solo

image: tnol.asia
Selain Yogyakarta, Solo juga merupakan salah satu pusat budaya di Jawa. Selain warisan budaya kesenian, kota ini juga memiliki warisan berupa pusaka dan barang antik. Salah satu pusat barang-barang antik dengan harga murah adalah Pasar Windujenar yang berlokasi di depan Pura Mangkunegaran. 

Pasar ini sebelumnya dikenal dengan nama Pasar Triwindu, karena dulunya pasar ini merupakan pasar yang digelar setiap tiga windu sekali (triwindu) atau setiap 24 tahun sekali. Pasar ini pada mulanya merupakan hadiah ulang tahun Gusti Putri Mangkunegara VII yang bernama Nurul Khamanil yang ke 24.

Di Pasar Windujenar ini Anda dapat menemukan aneka koleksi kain batik, uang dan koin kuno, cap batik, gramofon tua dari Eropa, wayang-wayang yang terlukis di papan kayu tua, sepeda dari tahun 1930an, hingga berbagai benda yang diklaim sebagai fosil makhluk purba dari Sangiran. Selain itu ada pula lukisan-lukisan tua, lampu minyak, patung-patung Budha, hingga setrika arang. Beberapa onderdil langka yang sudah tidak diproduksi lagi juga bisa didapatkan di sini. Itulah kenapa para kolektor menjadikan pasar ini sebagai tempat berburu barang antik.

image: tnol.asia

Uniknya, sampai sekarang Pasar Windujenar masih memberlakukan sistem barter. Anda dapat bertukar dengan barang antik lain. Tetapi tentu saja Anda harus pintar dalam negosiasi ketika menyepakati nilai barang yang dibarter. Selain itu Anda juga mesti jeli dan hati-hati dengan adanya barang-barang antik palsu, bisa jadi barang-barang tertentu yang diklaim dari satu abad yang lalu, ternyata dibuat baru-baru ini.

Nah, bagi Anda yang berencana mengunjungi kota Solo, Pasar Windujenar sangat dianjurkan untuk mencari oleh-oleh yang unik dan menarik. Namun ingat, jangan ragu untuk menawar supaya mendapatkan harga yang murah. (berbagai sumber)




Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template