Home » » Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng

image: wisata.kompasiana.com
Pulau Jawa memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik. Di Jawa Tengah misalnya, terdapat telaga yang cukup unik yaitu Telaga Warna Dieng, telaga ini merupakan peninggalan budaya dan alam telah dijadikan sebagai obyek wisata dan dikelola bersama oleh dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Dinamakan Telaga Warna karena telaga ini sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan ungu. Sedangkan Dieng adalah kawasan dataran tinggi yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Terletak di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Konon, ceritanya warna-warna yang muncul di telaga ini diakibatkan oleh jatuhnya batu perhiasan seorang bangsawan ke dalam telaga. Akibatnya warna air di telaga ini menjadi beraneka ragam. Sedangkan dari sisi ilmiah warna-warna yang tampak dari telaga ini diakibatkan oleh adanya kandungan batu belerang di dalamnya. Ketika terkena matahari maka warna ini akan dibiaskan dan ditangkap oleh mata menjadi berbagai warna seperti biru, hijau, kuning, hingga ungu.

Telaga yang tersembunyi di antara barisan bukit-bukit pada ketinggian lebih dari 2000 meter dpl ini sangat menarik bagi pengunjung. Selama perjalanan menuju ke telaga Anda akan ditemani oleh jajaran pohon pinus yang cukup rimbun. Dari sini Anda sudah dapat mengintip keelokan telaga itu dari jauh. Semakin mendekati telaga bau belerang pun mulai tercium. 

Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik, di pintu belakang terdapat sebuah jalan setapak menanjak ke arah salah satu bukit yang memagari telaga. Jalan tanah ini sangat sempit dan tidak begitu terjal, namun cukup licin mengingat kawasan Dieng sering dilanda hujan. Beberapa ratus meter mendaki, sampailah di puncak bukit dengan pemandangan bawah sana, sebuah telaga warna terhampar indah dikelilingi oleh rimbunnya hutan. Air di pinggir telaga berwarna ungu, bergradasi dengan warna hijau di tengah, dan hijau pucat di pusat telaga, begitu cantik. Di ujungnya, terdapat sebuah padang rumput sempit memisahkan Telaga Warna dengan telaga jernih yang disebut Telaga Pengilon atau telaga yang bisa dipakai untuk berkaca. 

Anda juga bisa menikmati barisan perbukitan dari Gunung Prau dan Gunung Pakuwaja yang berderet memutar, mengelilingi dua telaga jelita ini. 



Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template