Home » » Sayuran Kaya Antioksidan

Sayuran Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Zat ini dapat memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi, meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi sel dari efek berbahaya dari  oksigen reaktif radikal bebas yang menyebabkan penyakit, radikal bebas dapat diturunkan dengan metabolisme tubuh dan faktor eksternal lainnya.

Bagaimana kita bisa mendapatkan antioksidan?

Berikut adalah beberapa sayuran yang mengandung banyak antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

1. TOMAT 
Tomat adalah buah atau sayuran yang sangat mudah ditemukan. Warnanya yang cerah memang menarik. Warna merah pada tomat mengandung banyak lycopene, zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Berbeda dengan sayuran lain, tomat memiliki manfaat lebih ketika dicampur dalam makanan atau dimasak sebelum dikonsumsi. Para peneliti menemukan bahwa lycopene dalam tomat yang telah dimasak lebih banyak daripada tomat mentah yang dikonsumsi.


2. BAYAM 
Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi mata dari efek ultraviolet. Jadi bayam bermanfaat untuk memperkuat penglihatan dan mencegah penyakit mata seperti katarak dan penurunan penglihatan karena faktor usia.


3. KECAMBAH 
Semua jenis kecambah mengandung banyak senyawa fitokimia yang sangat berkhasiat. Kecambah juga mengandung antioksidan dan vitamin E, yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker dan diyakini dapat meningkatkan kesuburan pria.

4. ASPARAGUS 
Asparagus adalah jenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Selain rasanya yang lezat, kandungan gizi di dalamnya cukup banyak. Asparagus kaya akan kandungan antioksidan. Bahkan antioksidan dalam asparagus menduduki peringkat teratas di antara sayuran dan buah-buahan karena kemampuannya untuk menetralisir radikal bebas yang merusak sel. dan membantu memperlambat proses penuaan.
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template