Home » » Lompat Tali (Skipping) Olahraga Turunkan Berat Badan

Lompat Tali (Skipping) Olahraga Turunkan Berat Badan

Tubuh yang sehat dan indah memanglah idaman setiap orang, terutama bagi para wanita. Banyak jenis olahraga yang bisa Anda coba dalam rangka menurunkan berat badan. Salah satunya adalah lompat tali. Jika dibandingkan dengan olahraga lain, gerak naik turun dalam lompat tali paling baik untuk menahan rasa lapar. Bahkan, menurut sebuah penelitian di Jepang, terbukti bahwa permainan anak kecil seperti loncat tali adalah cara ampuh untuk menekan rasa lapar dibandingkan dengan jenis olahraga lain.

Salah satu keunggulan dari olahraga ini adalah, harga terjangkau dan mudah dibawa. Tidak seperti treadmill, elliptical, atau mesin latihan kardio lainnya, harga tali untuk lompat tali ini sangatlah murah dan awet digunakan untuk jangka panjang. Tali ini pun mudah dibawa kemana-mana, sehingga memungkinkan Anda untuk berlatih di mana saja baik di dalam maupun di luar ruangan.

Beberapa manfaat lompat tali:
  • Lompat tali dapat membantu meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori lebih banyak, dibandingkan dengan melompat tanpa menggunakan tali.
  • Lompat tali melibatkan banyak otot besar sehingga pembakaran kalorinya optimal.
  • Lompat tali dapat membantu membakar kalori sekitar 436 Kalori/jam.
  • Lompat tali dapat membangun kepadatan tulang dan meningkatkan kekuatan tubuh secara menyeluruh. Para atlet melakukan latihan lompat tali untuk memaksimalkan tinggi lompatan vertikal.
  • Lompat tali menuntut Anda untuk mampu mengontrol kecepatan, irama gerakan, dan postur yang tepat. Latihan ini membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan memaksimalkan hasil latihan Anda.

Mari, mulai melakukan lompat tali dengan cara berikut ini :
  1. Berdiri tegak dengan kedua tangan memegang ujung tali. Jaga tulang punggung selalu tegak selama latihan.
  2. Tempatkan tali di belakang tubuh sebagai awal.
  3. Lompat sebanyak 30 repetisi sambil mengayunkan tali ke depan. Tekuk sedikit lutut saat melompat
  4. Istirahat selama 30 detik.
  5. Kemudian lakukan lagi 30 repetisi, dengan mengayunkan tali ke belakang. Gunakan pergelangan tangan untuk memutar tali selama latihan.
  6. Lakukan sebanyak 4-8 set atau sesuai dengan kemapuan Anda.
Yang perlu diperhatikan, jika Anda memiliki masalah pada lutut, pergelangan kaki, dan pinggang sebaiknya memilih jenis olahraga lain, dan tidak melakukan lompat tali.

Menarik bukan, meskipun agak sedikit melelahkan namun tidak ada salahnya Anda mulai berlatih mulai dari sekarang. Selamat mencoba.
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template