Home » » Dropshipping, Bisnis Online Tanpa Modal

Dropshipping, Bisnis Online Tanpa Modal

Peluang bisnis online saat ini sudah menjadi milik setiap orang. Selain mudahnya membuat toko online, saat ini Anda juga bisa membuka toko online nyaris tanpa modal sepeserpun. 

Dropshipping, sistem yang telah lama dilakukan di luar negeri ini mulai banyak diterapkan di Indonesia. Dengan sistem ini para supplier bekerjasama dengan reseller dan reseller ini tidak harus memiliki stok untuk berjualan. Kemudian reseller hanya perlu menjajakan spesifikasi produk yang akan dijual (foto, deskripsi produk dan harga) di blog, facebook, forum, BB group dsb. 

Ketika ada yang membeli produk, reseller hanya perlu membeli kembali produk tersebut ke supplier dan supplier langsung mengirim produk ke si pembeli atas nama reseller. Dengan kata lain Anda sebagai penjual tidak perlu mengurus pengiriman barang ke pembeli.

Beberapa keuntungan dari sistem ini yang pertama adalah relatif tidak perlu modal untuk memulai usaha, karena Anda tidak perlu membeli barang. Anda hanya perlu membuat katalog untuk dipasarkan, lalu tunggu order datang. 

Keuntungan kedua, Anda juga bisa menghemat ongkos kirim, karena barang langsung dikirim dari supplier ke reseller.

Selanjutnya, Anda terbebas dari resiko barang tidak laku, karena dari awal Anda memang tidak memiliki stok barang, dengan begitu Anda juga tidak perlu direpotkan dengan tempat penyimpanan barang, karena barang seluruhnya masih ada di produsen. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier produk adalah:

1. Anda harus teliti untuk dapat menemukan supplier yang memang dapat dipastikan bahwa ia benar-benar memiliki bisnis yang dimaksudkan, bahwa memang bisnis yang dijalankan ada secara nyata dan bukan fiktif belaka.

2. Hati-hati jika supplier menetapkan sejumlah biaya yang secara rutin harus dibayar reseller karena supplier dalam bisnis dropship yang sebenarnya tidak pernah menetapkan biaya bulanan atau biaya rutin lainnya yang harus dibayar reseller karena telah menjalin kerja sama.

3. Supplier yang sebenarnya tidak pernah menjual langsung kepada konsumen. Pihak-pihak yang bertransaksi secara langsung dengan supplier hanyalah penjual online dan pengecer. Jika supplier menjual langsung kepada pembeli, dan mematok harga jual yang lebih rendah daripada harga pasaran. Akibatnya, konsumen akan lebih memilih berbelanja produk dari suplier. Ini tentu saja akan ‘mematikan’ bisnis dropship pengecer.

Nah jika Anda sedang memulai bisnis online tidak ada salahnya mencoba sistem yang satu ini.

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template