Home » » Menikmati Tahu Kupat Pak Pangat di Magelang

Menikmati Tahu Kupat Pak Pangat di Magelang

image : wisatakuliner.com
Kupat atau ketupat adalah makanan yang biasa disajikan pada saat Lebaran, tetapi di Magelang, Jawa Tengah Anda bisa menikmati kupat dengan olahan yang berbeda setiap hari. Tahu Kupat , adalah salah satu makanan khas yang ada di kota di kaki Bukit Tidar ini. Makanan ini hampir tidak pernah dijumpai di tempat lain. 

Jika Anda kebetulan sedang berada di Magelang atau sedang melintasi kota ini, silakan Anda mampir ke warung yang kini telah dikelola oleh generasi kedua dari Supangat, yang telah berjualan tahu kupat lebih dari 20 tahun. Tahu Kupat Pak Pangat ini memang sudah sangat terkenal dan banyak digemari. 

Anda dapat menjumpai dua kedai Tahu Kupat Pak Pangat di sepanjang Jalan Senopati. Keduanya milik Pak Pangat. Yang satu berada di dekat SMP Negeri 7. Sedang satu lagi tak jauh dari SMU Negeri 4. Kedai yang di dekat SMP Negeri 7 adalah warung yang pertama.

Yang membedakan tahu kupat racikan Pak Pangat dengan tahu kupat lainnya adalah pada bahan-bahan dan cara meraciknya. Untuk kacang tanah yang digunakan sebagai bumbu kacang dalam 1 porsi, Pak Pangat memberikan 3x lebih banyak dibanding di tempat-tempat lain, sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat. 

Istimewanya bumbu-bumbu tersebut pun juga diuleg langsung dipiring sehingga tidak ada bumbu yang tertinggal di cobek. Kecap yang digunakan oleh Pak pangat juga kecap racikannya sendiri sehingga tentu saja rasanya sangat khas dan berbeda dengan kecap yang ada di pasaran. Selain itu kubis yang digunakan dalam tahu kupatnya dicelup terlebih dahulu ke dalam penggorengan selama 1 menit sebelum dipotong-potong, sehingga terasa renyah dan bebas dari kuman.

image : seputarmgl.blogspot.com
Para pelanggan di warung adalah konsumen lama yang sebelumnya biasa menyantap tahu kupatnya yang dijajakan berkeliling. Dari situ, penggemar tahu kupat Pak Pangat terus berkembang. Saat ini Pak pangat sudah memiliki pelanggan tetap dari luar kota, seperti Solo, Temanggung, Yogyakarta, dan Semarang yang biasa datang setiap akhir pekan.

Harga yang dipatok untuk satu porsi tahu kupat tidaklah terlalu mahal yaitu Rp. 8.500,- hingga tak heran pada hari-hari biasa, kedai ini bisa menjual 200 porsi per hari. Pada hari Minggu atau hari libur, penjualan pun bisa mencapai 250 hingga 300 porsi per hari. Bahkan, 800 porsi pun ludes dalam sehari pada musim libur Lebaran.






Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template