Home » » Mudah Menghitung Zakat melalui Ponsel Pintar

Mudah Menghitung Zakat melalui Ponsel Pintar

image: teknoflas.com
Bagi umat muslim, membayar zakat adalah suatu kewajiban yang harus ditunaikan setiap tahun. Khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya muslim di Indonesia mulai menghitung dan menyalurkan zakatnya, salah satunya melalui amil zakat. 

Semakin pesatnya perkembangan teknologi media, kini menghitung zakat juga menjadi mudah. Pengembang piranti lunak (software) Indonesia, bekerja sama dengan badan pengelola zakat, diantaranya Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan oleh para pengguna ponsel pintar baik itu pengguna Blackberry, Android, i-Phone maupun Windows Phone.

Beberapa aplikasi tersebut, diantaranya :

Rumah Zakat (BlackBerry)
Dibuat oleh PT Dihital Jaya Solusi, Rumah Zakat merilis aplikasi Rumah Zakat di BlackBerry yang dapat diunduh di BlackBerry World secara gratis untuk semua BB Operating System (OS), termasuk BB 10.

Pada aplikasi ini, terdapat sejumlah fitur seperti Info Zakat yang berisi informasi macam-macam jenis zakat, cara menghitung zakat dan Info Donasi yang berisi informasi nomor rekening Rumah Zakat dan untuk konfirmasi donasi yang telah ditransfer. Selain itu juga berita-berita terbaru mengenai kegiatan Rumah Zakat

Kalkulator Zakat (Android)
Aplikasi Kalkulator Zakat Android buatan OnebitMobile ini disesuaikan dengan kalkulator pada Rumah Zakat. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menghitung Zakat Harta, Zakat Profesi dan Zakat Usaha dengan mudah.

Penggunaan Kalkulator Zakat Android ini cukup mengikuti langkah-langkah perhitungan dan mengisi semua nilai dengan benar. Dan kemudian, nilai zakat akan tampil di hasil akhir Kalkulator Zakat Android ini.

Aplikasi gratisan dapat diunduh oleh perangkat Android dengan versi 2.2 (Froyo) ke atas.

iZakat (iOS)
Serupa dengan dua aplikasi sebelumnya, aplikasi iZakat bisa diunduh secara gratis melalui iPad dan iPhone, bedanya penyedia layanan ini adalah Dompet Dhuafa.

Beberapa fitur menarik yang disediakan oleh aplikasi ini diantaranya, kegiatan pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah dan wakaf yang dilakukan Dompet Dhuafa. 

Pengguna bisa mengunduh secara gratis e-book majalah bulanan Swara Cinta, mengunduh buku buku gratis yang diterbitkan oleh Dompet Dhuafa serta mendapatkan laporan tahunan pengelolaan zakat. 

Selain itu pengguna juga dapat menghitung sendiri kewajiban zakat yang harus ditunaikan dari penghasilannya dengan menu Kalkulator Zakat, serta menonton tayangan ZakatTV 


Kalkulator Zakat (Windows Phone)
Kalkulator Zakat oleh Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid ini menyediakan berbagai informasi mengenai zakat, penghitungan zakat dan program-program Dompet Peduli Umat, untuk membantu Anda memahami lebih baik tentang amalan zakat.

Aplikasi Kalkulator Zakat Windows Phone dioptimalkan untuk para pengguna Nokia Lumia.


Beberapa pilihan aplikasi di atas semoga mampu menjadi faktor yang memudahkan umat muslim menunaikan salah satu rukun Islam. 






Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template