Home » » Formula Mencipta TREN, Buka Langsung LARIS oleh Jaya Setiabudi (1)

Formula Mencipta TREN, Buka Langsung LARIS oleh Jaya Setiabudi (1)

Materi yang disampaikan oleh Jaya Setiabudi dalam akun twitternya @JayaYEA ini akan mengulas tentang Formula Mencipta TREN, Buka Langsung LARIS dengan tagar #BOOMING

Materi ini adalah lanjutan dari buku karangan Jaya yang berjudul Kitab Anti Bangkrut (KAB).

Materi #BOOMING bukan hanya untuk mereka yang sedang bangkrut, namun juga untuk pemula yang ingin akselerasi dalam bisnisnya.

Coba amati, banyak produk bagus/berkualitas, namun mereka tak mampu menembus pasar dan layu sebelum berkembang. Amati juga, ada produk yang 'seumur jagung', mereka berhasil meroket dan menghasilkan kemakmuran dalam waktu singkat. Kedua kasus tersebut memiliki Benang Merah yaitu POLA yang akan kita bahas dalam materi ini.

POLA Sukses mencipta tren itu dirumuskan dalam: 7 FORMULA #BOOMING | Apa saja? 

Pertama dan yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah "Membidik P/S Market, alias Potensial atau Sleeping Market" Seperti di buku KAB hal 121. 

Perhatikan gambar di bawah ini :

1. Sebelah kiri disebut Existing Market atau saya lebih suka menyebut Bleeding Market alias Pasar yang berdarah-darah. Disebut berdarah-darah karena kompetitornya sudah terlalu banyak, hingga harga pun sudah banting-bantingan.
Contohnya adalah pasar Laundry Kiloan, yang menjamur di mana-mana. Dulu memang bisnis yang bagus, sekarang sangat kompetitif.

Kenapa begitu? Karena ENTRY BARRIER-nya tipis, alias siapa saja bisa masuk menjadi pemain dengan mudahnya. 

2. Gambar sebelah kanan adalah Potensial Market: demand/permintaan sudah ada/banyak, tapi pemasok/pemainnya sedikit.
Contohnya Martabak Bolu >> baru ada sedikit pemain, merek belum kuat. Potensial untuk mem #BOOMING kan.

3. Gambar di bawah adalah Sleeping Market: orang belum tahu itu produk apa alias belum kelihatan demandnya.
Contohnya dulu sebelum AQUA masuk ke Indonesia, orang tak terfikir akan minum air seharga bensin.

Saat ini di kampung-kampung pun minum air filter isi ulang, jarang ada yang masak air untuk diminum. Tentu effort yang dilakukan Pak Tirta Utomo (pendiri Aqua) sangatlah berat dalam "MengEdukasi Pasar".


"Untuk sekedar bertahan hidup, ikuti tren. Untuk membuat lompatan finansial, ciptakan tren"

Syarat pertama mencipta tren adalah masuk ke Potensial Market atau Sleeping Market. Ingat, Tak harus mencipta dari nol, bisa jadi produk lama yang gagal tren, diungkit kembali saat kini.

Misal, barusan #BOOMING Red Velvet >> ini bukan produk baru, tapi ditemukan tahun 1940, saat perang dunia 2. Bisa juga GABUNGAN 2 Produk yang menghasilkan formula baru. Atau produk lama yang di Rename-Repackage-Repositioning.

Konsep @KebunEMAS awalnya adalah Gadai + Emas >> yang di Rename-Repackage-Repositioning. Sekarang berubah jadi Cicil Emas. 

Nah, coba obrak-abrik file lama Anda. Jangan-jangan dulu Anda sempat mencipta suatu Produk harta karun yang tersembunyi.

Ingat, Jika Produk Anda mudah ditiru, maka follower kompetitor Anda akan #BOOMING juga. Jika Anda sudah masuk ke Market P/S, tapi pergerakan Anda lambat, maka Anda yang mengedukasi pasar, orang lain menikmati.

Tambahan contoh, Kalo produk Anda Kaos, janganlah ngikut tipe-tipe kaos yang lain. Harus punya ciri khas. Misal: Warnanya SETENGAH2. Depan Merah, Belakang Hijau; Kanan Coklat, Kiri Kuning; Atas Biru, Bawah PINK. Trus kasih merek >> SETENGAH, logonya 1/2. (bersambung)


Jaya Setiabudi
Founder & Director Young Entrepreneur Academy (YEA)
Founder & Master Trainer Entrepreneur Camp (ECamp)
Founder Yukbisnis.com
Penulis buku Best Seller The Power Of Kepepet, Kitab Anti Bangkrut

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template