Home » » Mencicipi Sate Bulayak di Taman Suranadi Lombok

Mencicipi Sate Bulayak di Taman Suranadi Lombok

image : wisatapulaulombok.org
Salah satu alternatif wisata di Lombok yang terletak di pusat kota adalah objek wisata Taman Suranadi yang merupakan hutan wisata yang dikonservasikan. Di sini, Anda dapat menemukan hutan tropis yang penuh kesejukan flora dan faunanya yang dilindungi pemerintah.

Selain banyak jenis vegetasi khas hutan hujan tropis, hutan wisata Suranadi juga menyimpan fauna seperti kera, musang, biawak, ular, burung elang, dan lain-lain. Anda juga  akan menemukan 3 Pura yang ada tepat di sebelah hutan yang biasa disebut Pura Suranadi, diantaranya Pura Ulon, Pura Pangentas dan Pura Pabersihan. Di kawasan pura ini juga terdapat 5 mata air yang memiliki fungsi keramat tersendiri dalam suatu ritual upacara, seperti untuk jenazah atau upacara keagamaan lainnya. Perpaduan antara alam dan tempat ibadah agama Hindu ini memang sudah menjadi ciri khas keberadaan pura di sini.
image : jalan2.com
Nah, jika kemudian Anda lapar, jangan khawatir, ada banyak penjual makanan dan minuman di gazebo-gazebo di samping kolam. Satu diantaranya yang paling menarik adalah Sate Bulayak, makanan khas Lombok  yang terkenal karena citarasa pedasnya.

Berbeda dengan sejumlah jenis sate lainnya, Sate Bulayak memiliki cara makan yang unik dan berbeda. Bulayak merupakan nasi sejenis lontong yang dibungkus menggunakan daun aren dan dibentuk seperti spiral sehingga untuk membukanya Anda harus melakukan gerakan memutar. Untuk satenya sendiri terbuat dari daging atau jeroan sapi  dan bumbu khas Sasak. Namun biasanya para penjual juga memberikan pilihan lain seperti sate usus atau sate ayam.

Menu yang satu ini memang pantas menjadi incaran para wisatawan karena selain perpaduan rasanya yang pedas dan gurih, harga seporsi sate bulayak ini juga cukup murah, yakni Rp12.000 untuk satu piring sate berisi 10 tusuk dan lima hingga enam bulayak.

Penasaran? Silakan datang ke Taman wisata Suranadi, dan nikmati perpaduan yang sempurna, hawa dingin pegunungan dan pedasnya Sate Bulayak.






Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template