Home » » Cermat Memilih Sepatu Olahraga

Cermat Memilih Sepatu Olahraga

Tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan setiap orang. Salah satu faktor penunjangnya tentu saja adalah olahraga. Akhir-akhir ini olahraga telah menjadi gaya hidup di masyarakat kita. Namun demikian, kenyamanan dan keamanan dalam berolahraga haruslah menjadi prioritas bagi Anda. Salah satunya adalah dalam pemilihan sepatu. 

Memilih sepatu olahraga tidak bisa dibilang mudah, tetapi sebenarnya juga tidak susah asalkan Anda mengetahui cara memilih sepatu olahraga yang benar dan sesuai dengan kebutuhan.  

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu olahraga :

1. Membeli sepatu sebaiknya dilakukan setelah berolahraga, sehingga kondisi kaki masih agak bengkak dan pegal. Disarankan pula memakai kaus kaki yang sama  dengan yang Anda pakai saat berolahraga. 

2. Coba kedua sisi sepatu, jangan hanya satu kaki saja karena ukuran kaki Anda yang satu bisa jadi berbeda dengan sebelahnya.

3. Setiap orang memiliki lekukan telapak kaki yang berbeda. Ini juga sangat memengaruhi, jadi Anda harus cermat memilih sepatu yang cocok dengan lekukan telapak kaki Anda.

4. Sebelum memutuskan untuk membeli sepatu hendaknya Anda mencoba beberapa model sepatu dan berjalanlah keliling toko. Jangan dipaksakan membeli apabila terdapat rasa tidak nyaman seperti terlalu sempit.

5. Bagi kaum perempuan yang memiliki ukuran kaki agak lebar, tidak ada salahnya mencoba sepatu untuk kaum pria. 

6. Jika Anda termasuk yang sering melakukan olahraga, sebaiknya Anda mengganti sepatu setiap 3 sampai 6 bulan sekali.

7. Untuk membeli sepatu dengan jenis yang sama, jangan segan untuk kembali ke toko yang sama jika sebelumnya sudah cocok dengan sepatu yang anda beli di tempat tersebut. 

8. Saat mencoba sepatu, gerakkan jari kaki dan perhatikan kondisi kosong di atas jari kaki yang terpanjang. Usahakan untuk membeli sepatu dengan masih ada sisa satu ruas jari pada ruang lowong sepatu.

Selain hal-hal di atas ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Perhatikan jenis kaki Anda apakah jenis Normal, Pronation, dan Supination.

Jika Anda memiliki kaki normal disarankan untuk menggunakan sepatu yang memiliki bantalan atau sol cukup tebal di bagian belakang agar beban menjadi seimbang.

Untuk kaki pronation memiliki letak beban yang berbeda, yaitu pada keseluruhan bagian telapak kaki. Tipe kaki pronation disarankan untuk menggunakan sepatu yang lentur agar pergerakan menjadi lincah. 

Berbeda lagi dengan tipe kaki supination atau tipe kaki yang agak bengkok yang biasa disebut tipe kaki "O". Letak beban kaki ini terletak pada bagian luar telapak kaki. Sepatu olahraga dengan bantalan empuk dibagian tengah menjadi pilihan terbaik bagi para pemilik kaki ini. 




Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template