Home » » Konsumsi Madu Ideal untuk Program Diet

Konsumsi Madu Ideal untuk Program Diet

image : healthyfoodhouse.com
Memiliki kelebihan berat badan tentunya sangat tidak nyaman, apalagi bagi kaum wanita. Berbagai pola diet banyak ditempuh dalam usaha menurunkan berat badan, mulai dari olahraga sampai dengan mengonsumsi obat-obatan pelangsing yang terkadang justru membahayakan kesehatan. 

Salah satu cara diet yang aman dan patut dicoba adalah dengan mengonsumsi madu. Madu sudah lama dikenal sebagai makanan yang kaya akan manfaat kesehatan. Madu memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan energi bagi tubuh untuk aktivitas sehati-hari. Madu mengandung unsur gula yang sangat besar, karena unsur gula inilah maka madu menghasilkan stamina untuk menambah kekuatan stamina yang kemudian membuat kita bisa menahan lapar. 

Dalam satu sendok madu kurang lebih terkandung 65 kalori. Berarti jika kita minum dua sendok madu di pagi hari, sama saja dengan mendapatkan asupan tenaga untuk beraktifitas untuk 2 – 3 jam. Jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

Berikut ini beberapa cara mengonsumsi madu yang bisa Anda pilih untuk berdiet.

1. Setiap satu sendok makan madu ke dalam sekitar 250 mililiter air. Sebaiknya madu dikonsumsi sebelum menyantap hidangan. Madu dapat dikonsumsi hingga tiga kali sehari sesuai jadwal makan.

2. Tambahkan dua sendok teh madu pada segelas air hangat, kemudian tambahkan perasan setengah jeruk nipis dan konsumsi minuman ini setelah Anda bangun pagi. Kombinasi kedua bahan ini dapat membantu mengatasi sembelit dan membuat proses penurunan berat badan lebih cepat.

3.  Konsumsi madu 3 hingga 4 sendok makan di pagi hari dan bisa ditambah satu atau dua sendok makan sekitar jam 10 pagi. Dengan cara ini Anda tidak akan terasa lapar pada siang hari karena energi masih cukup. Di malam hari Anda bisa minum dua sendok makan sebelum makan malam. 

4. Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 30 menit sebelum sarapan atau saat perut masih kosong.

5. Ada baiknya juga Anda mengkonsumsi satu atau dua sendok penuh madu sebelum tidur, baik dengan air hangat ataupun madu saja. Ini dapat menyehatkan hati, mengurangi hormon stres dan membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Madu juga memberikan tidur yang berkualitas sehingga dapat membantu Anda mengurangi berat badan.

Nah beberapa cara di atas bisa Anda pilih yang sesuai dengan kebiasaan Anda. Bagi Anda yang kurang menyukai madu karena rasa serik atau tak nyaman pada tenggorokan apabila cairan madu yang kental langsung ditelan, maka solusi terbaik adalah mengencerkan madu dengan air hangat. Selamat mencoba.


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template