Home » » Sate Klathak, Santapan Nikmat nan Unik di Bantul

Sate Klathak, Santapan Nikmat nan Unik di Bantul

image : potensiwisata.bantulkab.go.id
Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan sate ini diketahui berasal dari Jawa. Namun saat ini sate dapat ditemukan di mana saja di Indonesia. Dan dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak, Indonesia telah menghasilkan berbagai jenis sate.

Salah satu sate yang bisa dibilang unik adalah Sate Klathak yang berasal dari Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul. Sate Klathak sebenarnya adalah sate kambing muda diolesi bumbu garam, bawang, dan minyak untuk mengikat rasa, tidak menggunakan bumbu kacang maupun kecap seperti sate kebanyakan.

Yang membuat unik sate ini adalah tidak ditusuk dengan tusukan sate yang biasa terbuat dari lidi atau bambu, melainkan menggunakan jeruji besi dari sepeda onthel. Inilah rahasia kenapa daging satenya empuk, tidak ada yang alot. Karena tusukan jeruji besi merupakan penghantar panas yang baik, sehingga daging kambing yang irisannya besar-besar, akan matang merata dan sempurna hingga ke bagian dalam.

image : backpackology.me
Sate Klathak ini disajikan dengan nasi dan kuah gulai. Atau bisa juga disantap dengan menggunakan lontong. Rasanya, nikmat sekali. Jika Anda penggemar pedas, Anda tinggal menambahkan cabe rawit yang telah disediakan.

Konon, nama Klathak berasal saat sate dibakar dan mengeluarkan suara "klathak-klathak" sehingga akhirnya sate ini dinamakan Sate Klathak. Namun ada pula yang mengatakan "klathak-klathak" berasal dari jeruji roda sepeda yang jatuh. Darimanapun asalnya, Sate Klathak adalah salah satu kuliner yang wajib Anda coba saat mengunjungi Yogyakarta.

Dua penjual sate klathak yang sudah cukup terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong JL Imogiri Timur dan Sate Klathank Pak Bari Pasar Jejeran, kecamatan Pleret, Bantul. Dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 10.000 hingga Rp 20.000 Anda juga bisa menikmati menu olahan kambing yang lain seperti tongseng, gule dan lain-lain. 


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template