Home » » Taman Nasional Gunung Halimun

Taman Nasional Gunung Halimun

Bosan dengan rutinitas padatnya ibukota tidak ada salahnya bila Anda mencoba berwisata ke alam terbuka. Bagi Anda yang tinggal ataupun sedang berkunjung ke Jakarta, ada satu tempat yang menarik untuk dikunjungi yaitu, Taman Nasional Gunung Halimun. Taman Nasional ini terletak kurang lebih 100 km arah barat daya Jakarta, secara administratif termasuk dalam Kabupaten Bogor, Lebak dan Sukabumi. 

Gunung Halimun menyimpan banyak misteri keanekaragaman hayati, seperti macan tutul, dan burung elang yang terkenal langka yaitu Elang Jawa. Selain cocok bagi anda yang memiliki jiwa bertualang, kawasan wisata ini juga cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga dan anak-anak. 

Dari kawasan taman nasional ini mengalir beberapa sungai yang tak pernah kering seperti, Sungai Ciberang, Ciujung, Cidurian, Cisadane dan Cimandur. Andapun bisa menemui beberapa air terjun yang sangat eksotik yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. 

Memasuki kawasan ini Anda bisa menjumpai Stasiun Penelitian Cikaniki. Tempat ini biasa dipakai untuk singgah bagi para peneliti yang sedang melakukan studi di Taman Nasional Halimun.

Melanjutkan perjalanan ke arah utara di sekitar 200m ada jembatan gantung yang menggunakan empat pohon besar sebagai penyangga jembatan yang panjangnya 100 meter dan ketinggian 25 meter dari permukaan tanah. Jembatan ini dikenal dengan sebutan Canopy Walk atau Canopy Bridge.   

Selain dapat menikmati hamparan kebuh teh Nirmala Agung, kegiatan menarik lainnya adalah trekking di jalur hutan. Untuk itu telah dibuat sebuah jalan setapak yang disebut loop trail, yang panjangnya 3,8 kilometer dan dilengkapi papan petunjuk serta shelter. Sepanjang loop trail ini, pengunjung dapat menikmati suasana hutan yang masih asli dengan beraneka makhluk hidup yang ada di dalamnya. Bila Anda beruntung, Anda bisa bertemu dengan owa jawa, kera berbulu abu-abu. Sedangkan pada malam hari, Anda dapat melihat “The Glowing Mushroom” atau jamur yang menyala karena mengandung zat Fosfor.

Yang paling menarik, di sini Anda dapat puas menikmati bird watching dengan primadonanya yaitu Elang Jawa, Jumlah burung langka ini diperkirakan tinggal 200 - 300 ekor yang hidup tersebar di hutan-hutan pulau Jawa.

Hewan langka lain yang bisa ditemui di Taman Nasional Halimun adalah macan tutul. Macan Tutul atau dikenal Macan Jawa merupakan satu-satunya jenis kucing besar yang masih tersisa di Pulau Jawa. Jika Anda beruntung, Anda akan mendapat pemandangan luar biasa tentang tingkah laku keluarga macan tutul. 



Sumber gambar:
mammalwatching(dot)com
explore-id(dot)blogspot(dot)com



Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template