Home » » Padang Savana di Taman Nasional Baluran

Padang Savana di Taman Nasional Baluran

Bagi Anda yang menyukai alam bebas dan tertantang mengeksplor kawasan liar yang belum terjamah, datang saja ke ujung timur Pulau Jawa tepatnya di Banyuputih, Situbondo. Sekitar 6 sampai 7 jam dari kota Surabaya atau 1 jam dari Pelabuhan Ketapang.

Di sini Anda akan disuguhkan dengan bentang alam seluas 25 ribu hektare yang memiliki beberapa jenis hutan, satwa, tumbuhan. 

Tidak kalah dengan eksotisme Afrika, Indonesia juga memiliki padang savana yang sangat luas dan banyak habitat flora fauna yang masih terjaga, apalagi jika musim kemarau Padang Savana menjadi sangat tandus dan gersang. Tak heran jika Taman Nasional Baluran sering dijuluki sebagai Afrika Van Java.

Taman Nasional Baluran sebagai salah satu objek wisata alam andalan kota Situbondo, merupakan sebuah kawasan konservasi flora dan fauna liar yang memiliki beberapa objek wisata pendukung disekitarnya. Berbagai satwa, seperti kerbau, rusa, burung merak, monyet ekor panjang, banteng, bisa dinikmati di padang savana ini. Suasana alam liar di Taman Baluran sangatlah terasa. Anda bisa menyaksikan ratusan rusa berlari menuju kubangan air, puluhan kerbau berukuran sangat besar, merak jantan dengan rentangan buntutnya yang indah, serta belasan elang yang sedang mencari makan. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi untuk mendokumentasikan pemandangan langka tersebut.


Memasuki Taman Nasional Baluran, kita akan disambut dengan bentang hutan lebat yang dinamakan hutan musim. Setiap musim kemarau, hutan ini selalu kering dan terlihat kecoklatan. Terdapat 2 titik yang paling diminati di Taman Nasional Baluran ini. Yang pertama adalah Bekol, nama tempat yang terkenal dengan Padang Savana dan ada menara pemantau. Dan satu lagi adalah adalah Pantai Bama, pantai pasir putih yang paling cocok untuk melihat sunrise dan snorkeling serta pengamatan burung di area bird watching

Jarak dari Pintu masuk Taman Nasional Baluran ke Bekol atau Padang Savana adalah 12 km sedangkan dari Bekol ke Pantai Bama berjarak 3 km.

Jika ingin bermalam, Anda tak perlu khawatir, pengelola taman menyediakan penginapan yang letaknya tepat berada di depan hamparan savana, sekitar 12 km dari pintu masuk taman. Saat malam telah tiba, Anda juga melihat taburan bintang dan satwa yang keluar pada malam hari. Anda bisa menikmati savana yang berkilau. Kilau tersebut berasal dari mata para rusa yang duduk tenang di savana. Ada ratusan mata rusa yang akan memukau Anda. 

Tempat ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin berlibur dan sekaligus bertualang bersama keluarga atau teman.

Sumber : culturenesia.blogdetik.com ; radarbanyuwangi.co.id

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template