Home » » Bawang Putih, Si Putih yang Kaya Manfaat

Bawang Putih, Si Putih yang Kaya Manfaat

Selama ini kita tahu bahwa mengkonsumsi bawang putih, menyebabkan bau nafas yang tidak sedap yang disebabkan kandungan senyawa sulfur yang terdapat dalam bawang putih. Namun ternyata senyawa sulfur tersebut juga dapat menghentikan zat penyebab kanker yang dibentuk di dalam tubuh kita, mempercepat perbaikan DNA, dan juga membunuh sel kanker. 

Bawang putih yang banyak digunakan sebagai bumbu masak dasar dalam setiap masakan juga mampu melawan bakteri, termasuk H. pylori (yang terkait dengan munculnya bisul dan kanker perut), dan mengurangi risiko kanker usus besar. Bagi perokok berat, disarankan mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker.

Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat membantu memperlambat penuaan dini. Mengunyah bawang putih mentah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Bawang putih juga merupakan anti-bakteri yang baik. Jika kita mengalami infeksi pencernaan, maka campurkan cacahan bawang putih mentah di dalam salad. Jika terkena flu, cobalah masukkan irisan atau cincang halus bawang putih ke dalam teh panas untuk beberapa menit kemudian saring. Dapat juga ditambahkan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.

Bagi penderita diabetes, bawang putih juga baik untuk membantu mengontrol jumlah kadar gula di dalam darah. Menurut Department of Agriculture's Human Nutrition Center, bawang putih dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah. Dalam penelitian lain, bawang putih terbukti dapat menurunkan gula darah. Hal ini disebabkan karena bawang putih bisa merangsang pembentukan insulin. Bawang putih juga mengandung protein, vitamin A, B-1, dan C juga terdiri dari mineral penting seperti kalsium (cocok sebagai pencegah hipertensi), magnesium, kalium, besi dan selenium serta asam amino penting.

Nah begitu banyak manfaat bawang putih namun jangan lupa supaya terhindar dari bau mulut yang kurang sedap jangan lupa menggosok gigi setelah mengunyah si bawang putih ini.


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template