Home » » Daun Insulin atau Yakon, Alami Mencegah dan Mengobati Diabetes

Daun Insulin atau Yakon, Alami Mencegah dan Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang harus diwaspadai oleh masyarakat Indonesia. International Diabetes Federation menyebutkan bahwa Indonesia masuk ke dalam 10 negara terbesar penderita diabetes di dunia. Diabetes merupakan penyakit yang sangat dipengaruhi oleh pola hidup terutama pola makanan selain disebabkan pula oleh faktor keturunan.

Salah satu terapi untuk mengobati diabetes adalan dengan insulin. Tetapi tahukah Anda bahwa di Indonesia terdapat sebuah tanaman yang dikenal dengan sebutan Daun Insulin yang juga sangat ampuh dalam mencegah dan mengobati diabetes secara alami. 

Kalau menyebut Daun Insulin sebenarnya ada dua jenis tanaman yang disebut Daun Insulin yaitu daun Paitan atau banyak juga yang menyebutnya dengan rondo semoyo, kembang bulan, kayu paik, kipait atau harsaga. Sedangkan satu lagi yang dikenal dengan sebutan Daun Insulin adalah Daun Yakon (dibaca: yakong) atau nama ilmiahnya adalah Smallanthus sonchifolius merupakan tanaman asli dari Amerika Benua dari pegunungan Andes di Peru. Tanaman ini memang baru dikebunkan di Indonesia kira-kira 2-3 tahun lampau sehingga namanya masih asing.

Perbedaannya tumbuhan Yakon memiliki umbi yang memiliki kandungan gizi yang baik dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Umbi Yakon berwarna cokelat berbentuk mirip singkong. Daging umbi putih kekuningan dan manis. Sedangkan daunnya mirip dengan daun seledri yang dapat tumbuh hingga 3 meter.

Menurut para peneliti, Yakon kaya dengan insulin dimana setiap unitnya mengandung gula fruktosa yang tidak dapat dicerna namun dapat difermentasikan oleh usus besar.

Kandungan fruktosa pada yakon adalah 25% terikat dan 35% free. Sehingga dengan keadaan inilah dapat mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia. Mengkonsumsi Yakon tidak akan memungkinkan untuk terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah . Itu juga berarti bahwa yakon secara alamiah terbukti memiliki kalori yang rendah.

Yakon memiliki efek hipoglikemik sehingga  dapat menurunkan gula dalam darah. Dengan 20 gram daun yakon yang kering kemudian dilarutkan dengan 200 ml air yang dipanaskan selama 20 menit. Setelah airnya dingin, ramuannya disaring kemudian bisa diminum.

Daun yakon yang digunakan sebagai teh, akan memiliki efek mengurangi puncak kadar gula saat kita menyantap makanan yang manis-manis atau yang mengandung banyak karbohidrat.

Beberapa cara mengolah tanaman Yakon untuk mengobati diabetes antara lain :
- Umbinya bisa dimakan langsung atau dimasak. Terasa manis. Dimakan sebagai camilan, atau dibuat sirup pengganti gula dapur, bagi yang sedang diet rendah kalori dan penderita diabetes mellitus.
- Daunnya, 5 – 10 lembar direbus (jangan menggunakan aluminium) dengan 6 gelas air, dijadikan 3 gelas. Diminum 2 – 3 kali sehari. Dosisnya disesuaikan dengan kadar gula darahnya dan diperiksa hasilnya dengan cek gula darah.

Bagi yang tak ingin repot saat ini telah banyak dijual produk olahan daun Yakon yang praktis dan siap minum. Namun pastikan produk yang Anda pilih terjamin kualitasnya
Share this on :

+ comments + 3 comments

December 17, 2014 at 9:21 AM

okey bro ,mksh,ane insya allah sedia

March 18, 2015 at 3:07 PM

wah banyak sekali manfaat daun yakon yaa
jadi mau nanam dirumah,
tadi barusan baca artikel nya disini http://dauninsulinherbal.blogspot.com/p/khasiat-daun-insulin.html

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template