Home » » Mendadak Haji

Mendadak Haji

Judul : Mendadak Haji, Catatan Rindu Sang Musafir Haji
Penerbit : Bunyan, Yogyakarta
Penulis: Prie GS
Tebal: 200 halaman
Terbit: 2013

Agaknya Allah Maha Tahu: Orang yang punya kelakuan seperti Prie GS ini harus dihajikan dengan cara yang demikian Hehehe... (halaman 51)

Berawal saat surat kabar tempatnya bekerja membiayainya untuk melaksanakan ibadah haji, segala ketegangan dan ketakutan ini pun terjadi. Prie GS yang dikenal sebagai seorang budayawan dan terbiasa menjadi public figure sudah terbiasa dengan segala fasilitas dan kemudahan. Kali ini harus dihadapkan pada situasi yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya. Namun meskipun demikian secara batin dan rohani, jelas dia benar-benar siap. 

Buku ini bukan buku mengenai tata cara ibadah haji, melainkan suasana riil ibadah haji, sejak persiapan hingga pelaksanaan. Banyak hal dan peristiwa yang tak terduga yang dialaminya di Tanah Suci. Prie GS mencoba memaknai lebih dalam hikmah dan esensi dari beragam ritual ibadah yang dikerjakannya selama menunaikan ibadah haji mulai dari Ihram, Tawaf, Sai, Wukuf, Jamrah, Tahalul, hingga Kurban. 

Buku ini sarat dengan hikmah dari rangkaian perjalanan spiritual yang sangat didambakan oleh kaum muslim di seluruh dunia ini. Refleksi kehidupan sehari-hari tampak jelas dalam setiap tahapan ibadah haji, seperti pada saat melempar jamrah. Setan dan bala tentaranya walau sepintas lalu, sudah tidak lagi berkonsentrasi di sekitar lokasi pelemparan jamrah, malah seperti menyusup kemana-mana bahkan juga ke Indonesia (halaman 182).

Ditulis dengan gaya khas Prie GS yang ringan, bersahaja, dan lucu, namun sejatinya tulisan -tulisan dalam buku ini mengajak kita berfikir dan mengevaluasi diri apakah selama ini kita telah mengerjakan syariat sebatas syariat belaka atau kemudian mengesensi, menghakikat, dan memakrifat?








Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template