Home » » Mari Bergerak Bersama Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi)

Mari Bergerak Bersama Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi)

Dengan berbekal semangat berbagi, sekumpulan anak muda Jakarta dan Bandung menginisiasi terbentuknya komunitas yang sangat menginspirasi yang diberi nama Sahabat Indonesia Berbagi atau SIGi. 

SIGi terbentuk dari obrolan rekan-rekan di kedua kota tersebut hingga tercetuslah ide untuk melakukan gerakan Receh Kahuripan (RK), dimana RK ini adalah menyisihkan recehan dari para anggotanya yang setiap sebulan sekali semua anggota membawa celengan RK nya untuk disatukan. 

Penyaluran RK ini murni untuk donasi yang pengeluarannya sesuai kesepakatan yang telah ditentukan. Dari sini mulai timbul semangat untuk berbagi dan disusul ide-ide program berbagi lainnya yang kemudian terbentuklah komunitas SIGi dengan beberapa program yang masih sederhana saat itu.

Seiring perkembangannya kegiatan yang SIGi lakukan untuk anak-anak pun beraneka ragam. Salah satunya adalah BCBS (Berbagi Ceria Bersama SIGi). Kegiatan ini merupakan kegiatan pendidikan karakter yang dikemas dalam bentuk pengajaran kreatifitas, kemandirian, Character Building (dalam bentuk games, nonton film bareng, dll), dan pengajaran lainnya. BCBS sendiri dalam 1 periode dilaksanakan secara berkelanjutan selama 12 kali pertemuan setiap minggunya. Setiap periode lokasi BCBS berbeda-beda.

Ada pula SIGi Adventure, yaitu kegiatan di alam terbuka bagi teman-teman SIGi. Ada juga kegiatan-kegiatan berbagi lainnya seperti berbagi ta'jil saat Ramadhan, Nobar film edukatif bersama anak yatim.

Dengan memanfaatkan taman terbuka umum sebagai tempat kumpul bareng teman-teman SIGi sekaligus menggelar kegiatan-kegiatan outdoor. Sedangkan pelaksanaan program-program SIGi biasanya dilakukan di panti-panti asuhan, rumah baca, Sekolah Dasar yang minim fasilitas, yayasan anak-anak, dan lain-lain.

Saat ini anggota SIGi mencapai sekitar ratusan orang di seluruh Indonesia. Ada SIGi Medan, SIGi Pekanbaru, SIGi Makassar, SIGi Jabodetabek, SIGi Bandung, dan SIGi Mamuju.

Masyarakat pun menyambut positif kegiatan SIGi. Ketika SIGi mengunjungi sebuah lokasi untuk mengadakan kegiatan, masyarakat setempat sangat senang mendengarnya walaupun belum mengenal SIGi sebelumnya.

Tertarik untuk bergabung dengan Sahabat Indonesia Berbagi? Syaratnya cukup mudah, siapkan senyum yang tulus untuk anak-anak. 

Silakan hubungi :
SIGI (Sahabat Indonesia Berbagi)
Bergerak Ketika Tergerak
sahabatindonesiaberbagi.org
berbagiceriabersamasigi.wordpress.com
twitter : @SIGI_news
FB : facebook.com/groups/sahabatindonesiaberbagi


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template