Home » » Pantai Sawarna, Surga Tersembunyi di Banten

Pantai Sawarna, Surga Tersembunyi di Banten

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki begitu banyak pantai yang menarik. Salah satunya tersebunyi di Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pantai berpasir putih, berair biru jernih dan berbukit hijau nan lebat dengan panjang pantai mencapai 65 km dan dihiasi karang dan pasir putih ini bernama Pantai Sawarna. 

Desa Wisata Sawarna merupakan titik awal Anda menjelajah alam yang elok hingga pengalaman berinteraksi dengan masyarakat tradisionalnya yang bersahaja. Desa wisata Sawarna memiliki banyak tempat wisata dengan jarak yang berdekatan sehingga dalam satu kali jalan Anda akan dapat menikmati semuanya sekaligus. Diantaranya sungai, hutan, agrowisata, panjat tebing, goa, dan yang paling terkenal adalah pantainya yang indah.


Gerbang pantai Sawarna dengan Desa Sawarna dipisahkan oleh aliran sungai dangkal yang cukup lebar. Siapapun yang ingin pergi ke desa tersebut harus melewati jembatan kayu gantung. Selain keindahan pantai, di sini Anda dapat berkeliling untuk mengunjungi gua-guanya yang indah. Temukan Gua Lalay atau Goa Kalelawar yang dihuni ratusan kalelawar dan jernihnya air mengalir dalam gua. Apabila Anda ingin merasakan suasana alam yang lebih alami maka lanjutkan perjalanan ke Laguna Pari. Laguna Pari adalah pantai yang tersembunyi, tempat nelayan Sawarna dari Dusun Gempol biasanya melabuhkan perahu.

Pantai Sawarna bisa ditempuh dari dua arah, yaitu dari Jakarta ke arah Barat via Pandeglang atau dari Jakarta ke selatan via Pelabuhan Ratu di Sukabumi dan menyusur pesisir selatan. Rute Jakarta-Tangerang-Tigaraksa-Lebak-Malingping-Bayah bisa memakan waktu 6,5-7 jam. Sedang Rute Jakarta-Sukabumi via Pelabuhan Ratu hanya perlu 4,5 jam saja.

Jika Anda berencana mengunjungi pantai ini, sebaiknya saat musim panas. Ombak pantai Sawarna yang besar membuat pantai ini sangat cocok digunakan untuk surfing.

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template