Home » » Telusuri Jejak Sejarah Islam di Masjid Keramat Luar Batang

Telusuri Jejak Sejarah Islam di Masjid Keramat Luar Batang

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Di Bulan yang penuh berkah bagi umat muslim ini merupakan saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah, salah satunya adalah beriktikaf di masjid. Di Jakarta, terdapat banyak masjid yang selain sebagai tempat ibadah, namun juga menyimpan sejarah sendiri sehingga banyak masyarakat yang mengunjunginya.

Berdiri di tengah pemukiman padat penduduk di kawasan pasar ikan Pelabuhan Sunda kelapa, Jakarta Utara, Keberadaan Masjid Keramat Luar Batang menjadi sangat menonjol. Masjid ini terkait erat dengan cerita Perjalanan Pangeran Jayakarta bergerilya setelah dikalahkan oleh VOC di Sunda Kelapa. 

Masjid Keramat Luar batang adalah peninggalan Habib Husin bin Abu Bakar Alaydrus (wafat pada 17 Ramadhan 1169 H / 24 Juni 1756 M) menyimpan banyak cerita perjuangan dan cerita spiritual dari ulama di zamannya.

Masjid yang bangunannya sudah mengalami banyak perubahan fisik juga menjadi sejarah perlawanan rakyat terhadap VOC, sekaligus tempat penyebaran Islam pertama di wilayah pantai Jakarta atau Jakarta Utara. Ciri khas masjid yang berdiri di atas lahan 3.500 meter persegi ini yakni 12 tiang penyangga.

Nama Masjid Keramat Luar Batang telah tersohor hingga keluar Jawa. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan hingga Malaysia dan Singapura. Karena di masjid ini banyak terdapat makam ulama terkemuka di zamannya.

Pemda DKI Jakarta telah menetapkan masjid yang berusia lebih dari 200 tahun ini, sebagai bangunan cagar budaya yang harus dilindungi dan dilestarikan. Pemda DKI juga memasukkan masjid ini dalam paket wisata yang disebarkan ke manca negara.


foto : republika.co.id


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template