Home » » Detoksifikasi Alami dengan Konsumsi Buah-Buahan

Detoksifikasi Alami dengan Konsumsi Buah-Buahan

Setiap hari tubuh memproduksi racun yang berasal dari udara yang dihirup dan makanan yang dikonsumsi sehingga memengaruhi kesehatan kita. Kerusakan kulit, masalah pencernaan, sampai ketidakseimbangan hormon, merupakan akibat dari racun yang ada di dalam tubuh.

Untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh tersebut kita mengenal adanya istilah detoksifikasi. Detoksifikasi adalah suatu proses dimana racun berbahaya yang dibuang dari tubuh secara alami atau dinetralisir melalui paru-paru, hati, usus, limpa, kulit, ginjal, dan usus. Detoksifikasi membantu tubuh menjadi lebih sehat dengan mengeluarkan toksin atau racun, pengganggu aliran sehat dan normal dalam tubuh yang dapat membuat kita merasa lelah, sakit dan depresi.

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk melakukan detoksifikasi secara alami dengan mudah. Diantaranya istirahat yang cukup, konsumsi air putih dan olahraga serta satu lagi yang tidak kalah penting adalah mengkonsumsi buah-buahan.

Berikut jenis buah-buahan yang akan membantu dalam membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh kita :

1. Apel
Apel hijau kaya akan antioksidan sehingga rutin mengkonsumsi apel akan membuat tubuh kita bebas dari serangan radikal berbahaya. Sehingga regenerasi sel di dalam tubuh mampu berlangsung dengan baik. Zat antioksidan dalam apel juga bermanfaat untuk menjaga hati Anda agar tetap sehat.

2. Lemon
Lemon kaya akan vitamin C, yang membantuh tubuh memproduksi glutation. Glutation adalah antioksidan yang membantu membuang racun yang ada di hati. Minum air lemon setiap hari, membantu mendetoksifikasi hati Anda. Selain sistem kekebalan yang baik, pencernaan pun turut merasakan manfaatnya.

3. Pir
Buah pir mengandung glutahione yang cukup banyak. Glutahione merupakan pelindung hati yang baik. Bukan hanya mencegah oksidasi radikal bebas yang memapar hati, namun juga mampu melarutkan racun yang ada di hati. Buah pir juga memiliki kadar air yang tinggi, sangat bagus untuk menjadi sumber  mineral bagi tubuh kita.

4. Nanas
Buah nanas tidak hanya mengandung vitamin C, tapi juga mengandung enzim bromelain. Enzim ini dapat menenangkan dan membersihkan usus dari racun. Hal ini juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

5. Mangga
Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap. Buah ini memiliki manfaat untuk membantu membersihkan darah dan sangat bagus untuk memaksimalkan sistem pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi buah satu ini akan membantu memperlancar proses detoksifikasi melalui pembuangan zat berbahaya bersamaan dengan dikeluarkannya kotoran.

6. Pepaya
Buah pepaya yang cukup tua dan masak sangat baik digunakan untuk melancarkan buang air besar dan membersihkan organ pencernaan. Kandungan serat dan air yang cukup tinggi akan membantu memudahkan dalam mengeluarkan sisa makanan dalam bentuk feses. Proses pengeluaran feses ini secara tidak langsung merupakan proses detoksifikasi racun dalam tubuh. 
Buah pepaya mengkal juga banyak mengandung enzim papain. Enzim ini banyak digunakan untuk membersihkan sisa sisa kulit mati dari permukaan tubuh. Pembersihan sisa kulit mati ini juga merupakan usaha detoksifikasi.



Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template