Home » » Kurangi Stress dengan Perbanyak Jalan Kaki

Kurangi Stress dengan Perbanyak Jalan Kaki

Kesibukan yang padat seringkali membuat Anda stress dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Apalagi bagi Anda yang hidup di kota-kota besar. Seakan waktu yang ada hanya terkuras untuk bekerja hingga tak ada waktu untuk berolah raga.

Sebenarnya banyak cara sederhana dan murah untuk tetap sehat di sela kesibukan. Salah satunya adalah berjalan kaki. Menurut beberapa penelitian, jalan kaki di pagi maupun sore hari mampu mengusir rasa stres. Anda tak perlu berjalan hingga berkilo-kilo meter, cukup dengan berjalan kaki santai di sekitar rumah atau taman. 

Pilihlah area yang membuat Anda merasa tenang seperti berjalan di taman kota yang banyak pepohonan. Berjalan di taman atau sekitar lingkungan yang hijau dan penuh pepohonan, dapat menempatkan otak ke dalam keadaan meditasi. Tak perlu terburu-buru. Tujuan Anda berjalan adalah untuk melepas penat dan relaksasi. Penting juga untuk memakai pakaian dan sepatu yang pas dan nyaman dikenakan.

Berjalan santai bisa membuat otak Anda lebih tenang dan akan membantu Anda mendapatkan manfaat kesehatan, seperti menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran.

Selama berjalan, rasa kekhawatiran akan berkurang karena otak melepaskan endorfin. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon ini bertindak seperti morfin, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morfin. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi. 

Berjalanlah selama kurang lebih 15 menit, atau lebih lama jika Anda punya waktu. Sederhana memang tetapi bermanfaat bagi tubuh. Lakukan apa yang membuat Anda senang, yang penting tetap bergerak.

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template