Home » » Waspada Anemia Pada Anak

Waspada Anemia Pada Anak

Si kecil pucat dan lesu? Mungkin saja mengidap anemia. Jangan sepelekan karena anemia bisa merusak sel otak anak. Pastikan anak memiliki kecukupan asupan gizi. 

Anemia disebabkan karena rendahnya hemoglobin (Hb) dan sel darah merah/eritrosit. Darah berfungsi membawa makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Bila Hb dan sel darah merah rendah akan mengakibatkan makanan dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang. 

Pada ibu hamil, darah juga mensuplai makanan dan oksigen bagi janin. Bila Hb dan eritrosit rendah, maka makanan dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh ibu dan janin akan berkurang. Ini mengakibatkan organ otak dan tumbuh kembang organ tubuh yang penting lainnya pada janin akan terhambat.

Anemia pada anak mengakibatkan kerusakan sel otak secara permanen, gangguan psikomotorik dan memperlambat perkembangan kemampuan berfikir (kognitif). Akibatnya anak menjadi kurang berprestasi, mudah terserang penyakit dan tumbuh kembangnya lamban. Kualitas hidup anak yang menderita anemia dikatakan menurun, karena tubuhnya selalu lemas dan tidak bersemangat. Jadi tidak bisa bermain apalagi belajar.

Sebenarnya anemia dapat dicegah dengan mudah. Namun masyarakat menganggap sepele keadaan anak-anaknya yang tampak lemah, letih dan lesu sebagai hal yang biasa terjadi pada anak-anak. padahal anemia berdampak sangat serius bagi kesehatan anak-anak. 

Penyebab Anemia

Anemia bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya gizi yang buruk atau kurang memperhatikan kecukupan gizi pada anak-anak atau terjadi gangguan penyerapan nutrisi oleh usus terutama gizi yang yang membentuk hemoglobin seperti zat besi dan asam folat. 

Parasit dan penyakit lain yang merusak darah juga bisa menyebabkan anemia. Misalnya, cacingan, karena di usus cacing akan menghisap darah sehingga terjadilah anemia. Kemudian faktor ketidaktahuan juga menjadi penyebab anemia. Banyak masyarakat yang masih tidak mengerti bagaimana menyediakan makanan yang cukup gizi bagi anak-anak.

Untuk mencegah dan mengatasi anemia perlu dilihat dulu penyebabnya. Bila penyebabnya parasit, maka parasitnya yang harus diobati. Tapi kalau penyebabnya adalah kurang penyerapan zat besi dan asam folat, maka yang harus diperbaiki adalah pola makanannya.

Sebaiknya perbaiki pola makan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang kaya asam folat dan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Asam folat dapat diperoleh dari daging, sayur hijau dan susu. Sedangkan zat besi dapat diperoleh dari sayuran dan daging.

Protein lain seperti daging, telur dan susu juga diperlukan untuk melengkapi asupan gizi terutama pada anak-anak. (dw)


    
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template