Home » » Kenali Phising, Hindari Kejahatan Dunia Maya

Kenali Phising, Hindari Kejahatan Dunia Maya

Akhir-akhir ini terdengar kabar penipuan melalui salah satu marpetplace ternama di Indonesia. Modusnya korban diminta informasi berupa email, password dan no telepon dengan alasan verifikasi. Padahal link yang diberikan adalah alamat palsu yang dibuat semirip mungkin dengan nama marketplace tersebut.

Kejahatan seperti ini dikenal dengan istilah PhisingPhishing adalah usaha untuk mendapatkan informasi sensitif seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik.

Phishing di dunia nyata seperti sms mama minta pulsa, menang undian palsu, keluarga kena kecelakaan palsu, dll. Mengaku-ngaku sebagai orang yang kita percaya atau pura-pura sebagai pihak berwenang, namun sebenarnya penipu. Bisa menawarkan hadiah (dapat voucher, undian dll). 

Di dunia maya, modus biasanya berupa ancaman (akun kena hack) dan user diminta untuk klik link. Ketika link di klik akan diarahkan ke situs palsu yang meminta user id dan password. Kalau korban tidak sadar, user id/password akan dicuri.

Contoh phising website yang pernah ramai antara lain tvviter.com untuk phising twitter.com dan juga ada clickbca.com untuk klikbca.com. Sekilas tampak mirip padahal website-website tersebut adalah palsu.

Bagaimana cara mengenali Phishing?

Hati - hati dengan email yang memiliki judul-judul seperti ini : 
1. Verify your account.
2. You have won the lottery.
3. If you don’t respond within 48 hours, your account will be closed.
Link phishing biasanya dikirimkan melalui pesan email, situs atau lewat pesan instan, dengan mencatut nama perusahaan besar.

Pesan atau situs web yang digunakan untuk phishing mungkin akan meminta Anda memasukkan informasi sebagai berikut :
- Nama pengguna dan sandi
- Nomor Jaminan Sosial
- Nomor rekening bank
- PIN (Nomor Identifikasi Pribadi)
- Nomor kartu kredit lengkap
- Nama gadis ibu Anda
- Ulang tahun Anda

Tips menghindari phising sangat mudah :
1. Setiap klik link lihat alamat website secara jelas dan pastikan alamatnya sesuai. Jika alamatnya beda sedikit saja, jangan sesekali memasukkan username dan password
2. Jangan mudah terbuai iming-iming hadiah lewat online, apalagi mengaku-ngaku sebagai pihak terpercaya.

Demikian tips bagi Anda yang suka bertransaksi melalui dunia maya. Semoga bermanfaat.

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template