Home » » Olahraga Ringan Memperkuat Jantung

Olahraga Ringan Memperkuat Jantung

Penyakit Jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia, penyebab utamanya karena kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. 

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, tak hanya dilakukan dengan menjaga berat badan dan mengonsumsi makanan sehat. Olahraga merupakan terbaik menjaga kesehatan jantung. Meskipun banyak orang yang berpikiran bahwa olahraga dapat berakibat fatal bagi orang yang berisiko mengalami penyakit jantung. Namun sebaliknya bukti penelitian menunjukkan bahwa semakin kuat latihan yang dilakukan, makin baik pula buat jantung. 

Melakukan olahraga ringan dengan teratur adalah hal yang baik untuk dilakukan. Selain fisik dan jiwa terasa sehat dan kuat, detakan jantung akan lebih teratur.

Berikut ini adalah 5 jenis olahraga ringan untuk memperkuat jantung Anda.

1. Jalan Kaki
Anda bisa melakukan jalan sehat, jalan santai, atau jalan cepat untuk meningkatkan kebugaran secara alami. Berjalan sejauh 3 mil atau lebih dalam seminggu akan mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah sebesar 10%. Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga melakukan fungsi pelindung secara keseluruhan.

2. Berlari
Berlari dapat membantu memperkuat kesehatan jantung Anda. Tak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, berlari juga bisa menurunkan risiko obesitas.

3. Renang
Berenang sangat baik mencegah penyakit jantung, seluruh gerakan yang dilakukan saat berenang dapat membantu membangun otot jantung. Dengan begitu, jantung akan memompa darah pada tingkat yang lebih cepat. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan seseorang. Berenang bisa meningkatkan detak jantung dan membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Berenang selain menyehatkan organ jantung juga dapat memperkuat otot pada tubuh Anda. 

4. Bersepeda
Bersepeda dapat mengurangi stres dan kesehatan jantung terjaga. Selain menyehatkan jantung, bersepeda juga membantu Anda menguatkan otot bagian paha dan kaki, serta membantu Anda mengurangi lemak pada tubuh bagian bawah. 

5. Aerobik
Olahraga aerobik bermanfaat memperkuat lemah jantung. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kesehatan Universitas Columbia pada tahun 2007. Aerobik terbukti mengurangi respon berlebihan dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan terjadinya aterosklerosis.

Nah, sayangi jantung Anda. Kombinasikan olahraga-olahraga di atas agar tidak membosankan dan mengganggu aktivitas anda. 
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template