Home » » Redakan Varises dengan Kencur dan Jahe

Redakan Varises dengan Kencur dan Jahe

Varises adalah kelainan pada pembuluh darah vena (balik) yang terjadi karena penurunan atau hilangnya elastisitas dinding vena-vena yang berkelok-kelok atau kerusakan katub. Varises terjadi ditandai adanya urat-urat halus yang timbul dibagian betis kaki. 

Faktor-faktor yang memicu timbulnya varises adalah sebagai berikut:
- Terlalu sering/lama mengenakan sepatu high heels
- Berdiri terlalu lama sehingga memaksa pembuluh darah vena untuk bekerja lebih keras
- Faktor genetik
- Kurang gerak
- Merokok dan minum-minuman keras

Varises lebih sering terjadi pada wanita dibanding laki-laki. Sebagian besar kasus varises terjadi pada kaki dan segelintir lainnya terjadi pada pembuluh vena di sekitar panggul, vagina, anus, vagina, rahim, dan kerongkongan. 

Varises harus segera disembuhkan. Jika tidak, berisiko pada peradangan kronis. Salah satu cara alami untuk menyembuhkan varises adalah dengan ramuan kencur dan jahe. Kencur dan jahe yang bersifat menghangatkan memiliki khasiat membantu melancarkan peredaran darah sehingga meringankan tonjolan pada varises.

Bahan :
4 jari rimpang jahe
5 buah asam kawak/asam yang sudah tua
5 jari rimpang kencur


Cara membuat
Kupas dan cuci bersih bahan-bahan seperti jahe dan kencur, tumbuk keduanya hingga halus. Campurkan dengan asam kawak sambil diberi setengah gelas air. Peras dan saring. Setelah itu, gosokkan ramuan ini pada kaki yang terkena varises sambil diurut-urut.

Bila tidak ada asam kawak, boleh diganti dengan asam jawa.
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template