Home » » Komunitas Ngejah, Berbagi, Berkarya dan Belajar Bersama

Komunitas Ngejah, Berbagi, Berkarya dan Belajar Bersama

“Hirup, Hurip keur Balarea”

Belajar Berbagi, Belajar Berkarya, Belajar Bersama.

Inilah slogan Komunitas Ngejah, sebuah komunitas yang bertempat di Kampung Sukawangi, Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut. Komunitas Ngejah berdiri pada tanggal 15 Juli 2010, dipelopori oleh seorang anak muda bernama Opik dan beberapa praktisi pendidikan, santri, pelajar serta pemuda setempat yang ingin memajukan kampung halaman, baik dari sisi pendidikan, kebudayaan, keagamaan, perekonomian dan sendi kehidupan lainnya.

Pada awalnya, Komunitas Ngejah hanya diisi dengan kegiatan-kegiatan diskusi, berbincang mengenai kondisi kampung halaman serta sekelumit permasalahan di dalamnya. Kini relawan-relawan yang membantu kegiatan Komunitas Ngejah makin banyak. Kegiatan Komunitas Ngejah fokus pada peningkatan minat baca warga diantaranya melalui kegiatan gerakan kampung membaca dan kegiatan pojok baca.

Gerakan Kampung Membaca adalah kegiatan Komunitas Ngejah dengan mendatangi kampung-kampung terluar yang ada di Sukawangi atau Singajaya. Melalui Gerakan Kampung Membaca, Komunitas Ngejah membawa cita-cita agar anak-anak kampung yang ada di Garut bagian Selatan bisa mengakses buku bacaan yang sama dengan anak-anak yang berada di perkotaan.


Sedang kegiatan pojok baca merupakan kegiatan lanjutan dari gerakan kampung baca yakni dengan menempatkan rak buku dan buku di tempat-tempat yang sering didatangi warga seperti di posyandu, warung-warung dan tempat pengajian. 

Kegiatan lain Komunitas Ngejah adalah pelatihan jurnalistik, pembuatan blog, dan pembuatan dan baca puisi. Opik berharap, kegiatan yang dilakukan Komunitas Ngejah dapat meningkatkan pengetahuan warga dan mendorong mereka khususnya yang masih muda menuntut ilmu setinggi mungkin.

Sumber : komunitasngejah.wordpress.com


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template