Home » » Aerobik Latihan Senam Paling Diminati dan Memiliki Banyak Manfaat

Aerobik Latihan Senam Paling Diminati dan Memiliki Banyak Manfaat

Latihan senam aerobik makin diminati masyarakat. Tidak hanya bagi kaum wanita, kini baik pria maupun wanita, bersama-sama melakukan senam aerobik demi kebugaran. Di berbagai pusat-pusat kebugaran atau fasilitas umum sering mengadakan senam aerobik massal. Bagi yang tidak memiliki waktu melakukan olahraga bisa melakukan senam aerobik di rumah dengan bantuan video khusus yang bisa diputar di televisi.

Senam Aerobik sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh manusia, terutama sangat baik untuk kesehatan jantung. Di kalangan wanita benar-benar bisa membantu mereka untuk mengatasi masalah lemak terutama pada bagian paha, pinggul, kaki dan perut.

Gerakan-gerakan senam aerobik sendiri sebenarnya bervariasi untuk pemula, menengah dan lanjutan dan sering kali rutinitas ini bisa menyeberangi tingkat kebugaran. Gerakannya mudah, berulang, dan mengikuti irama musik.

Bagi Anda yang ingin melakukan senam aerobik ini di rumah maka beberapa dasar-dasar dalam rutinitas senam aerobik yang wajib Anda ketahui meliputi gerakan ke kiri dan ke kanan secara berirama. Gerakan tambahan dengan menggerakkan tubuh ke depan dan belakang. Kedua gerakan ini merupakan gerakan dasar senam aerobik yang sangat sederhana dan bisa dimodifikasi dan dicampur dengan gerakan lain untuk menciptakan rutinitas aerobik yang unik dan efektif.

Berbagai manfaat yang Anda dapatkan dengan melakukan senam aerobik secara rutin antara lain meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat, mengurangi berat badan dan mencegah berbagai penyakit termasuk diabetes.

Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang, meningkatkan kesehatan otot, meningkatkan mood dan mengurangi stres. 

Jika anda sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak kuat yang dapat disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Aerobik rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas, mengurangi tekanan darah tinggi. 

Aerobik juga dapat membantu Anda mengatasi sulit tidur dan membuat anda lebih nyenyak untuk tidur, memperkuat tulang dan sendi dan merupakan salah satu rahasia untuk membuat anda awet muda. Bagi ibu hamil, aerobik dapat membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot.

Senam aerobik sebaiknya dilakukan minimal 30 menit dan maksimal 1 jam dalam waktu 2-3 kali seminggu. Senam ini lebih seru jika dilakukan beramai-ramai di ruang terbuka. Saat olahraga juga jangan lupa minum agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template