Home » » Acroyoga, Latihan Fisik Gabungan Yoga dan Akrobat

Acroyoga, Latihan Fisik Gabungan Yoga dan Akrobat

Beberapa tahun belakangan, para selebriti kerap memamerkan kemampuan mereka melakukan berbagai gerakan acroyoga. Pose acroyoga yang terbilang ekstrem dan indah membuat orang-orang kagum dan ingin mencobanya.

Apa dan bagaimana acroyoga?

Acroyoga adalah acrobatic yoga, latihan fisik yang menggabungkan yoga dan akrobat di mana Anda bisa menggerakkan tubuh bersama partner Anda dengan gaya yang mengagumkan.

Berbeda dengan jenis yoga lainnya, untuk melakukan acroyoga butuh minimal tiga orang untuk menjadi base, flyer, dan spotter. Base adalah orang yang berada di bawah untuk menopang flyer. Flyer adalah orang yang berada di atas. Sementara spotter bertugas menjaga saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terjatuh.

Beberapa variasi gerakan dalam acroyoga antara lain : Birdy, Free Bird, Boat Pose dan Flying Camel.

Birdy adalah gerakan yang seakan-akan melayang diatas udara seperti burung dengan meluruskan tubuh di atas telapak kaki pasangan, tetapi kedua tangan masih bertumpu kepada pasangan. Gerakan ini juga berfungsi untuk melatih napas dengan baik.

Gerakan Free bird menyerupai gerakan Birdy tetapi kedua tangan lurus dan tidak boleh bertumpu pada pasangan.


Boat pose adalah gerakan di mana Anda harus menjaga keseimbangan, hanya perut saja yang bertumpu pada kaki pasangan. Kedua tangan berpegangan pada kedua kaki Anda membentuk seperti perahu. Gaya ini membutuhkan kelenturan tangan, kaki, maupun perut.
Berikutnya adalah Flying Camel.  Gerakan ini dilakukan dengan berbaring menghadap ke atap. Posisi telapak kaki pasangan tepat di bawah punggung Anda. Tubuh membentuk lengkungan seperti punuk unta dan kedua kaki lurus ke bawah dipegang oleh pasangan. 

Adapun manfaat Acroyoga sangat banyak sekali, diantaranya membentuk postur tubuh dengan latihannya yang melibatkan tulang punggung, perut, kaki dan tangan, membakar kalori, melatih kekuatan otot serta membentuk tulang belakang menjadi lebih kuat, sehingga tubuh menjadi tegak.

Acroyoga juga aman dilakukan bagi ibu hamil. Untuk ibu hamil, Acroyoga disarankan untuk dilakukan setelah tiga bulan kehamilan. Gerakan-gerakan untuk ibu hamil lebih difokuskan pada membuka bagian paha dalam supaya saat melahirkan normal lebih mudah. Selain itu, gerakan Acroyoga juga difokuskan untuk meredakan nyeri dan pegal tulang belakang, paha, dan pinggang yang biasa dialami saat kehamilan.
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template