Home » » Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Madu memiliki begitu banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Sebelum antibiotik ditemukan di tahun 1930-an, madu digunakan dalam perawatan berbagai penyakit. 

Secara ilmiah madu memang mengandung komponan utama, seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa serta mineral penting seperti natrium, kalsium, dan fosfor. Tak ketinggalan juga kandungan protein, vitamin B1, B2, K dan C, serta beberapa enzim yang bermanfaat bagi pencernaan. Madu juga mengandung flavonoid dan asam fenol yang merupakan zat antioksidan pencegah kanker. 

Melihat komposisinya, tak heran jika madu menyehatkan tubuh dan berkhasiat menyembuhkan penyakit susah tidur, luka bakar, batuk, kejang perut, anemia, maag, radang usus, dan menguatkan jantung serta ginjal.

Untuk mendapatkan manfaat madu secara maksimal, Anda bisa mengkonsumsi 2 sendok makan madu setiap pagi dan sore. 

Selain diminum langsung, madu juga dapat disantap dengan susu (untuk penderita insomnia), jus apel (gangguan pencernaan), air hangat (migren), air jeruk peras (gangguan jantung) atau air kelapa muda dan pisang (campak dan TBC).

Bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan yang berlebih, maka mengkonsumsi madu juga menjadi salah tips yang layak anda praktekkan. Meskipun begitu, olahraga yang rutin juga harus kita jalankan serta pola makan yang harus anda jaga tentunya.
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template