Home » » Berburu Oleh-oleh Panci di Wisata Panci Pandaan

Berburu Oleh-oleh Panci di Wisata Panci Pandaan

Bagi Anda yang suka bepergian, satu hal yang tidak terlewatkan adalah membeli oleh-oleh. Umumnya oleh-oleh berupa buah atau makanan khas suatu daerah, atau kerajinan warga setempat. Namun kali ini Anda dapat membeli oleh-oleh berupa panci atau peralatan dapur lainnya. Tentu saja, oleh-oleh seperti ini sangat banyak manfaatnya.

Di Dusun Sukorejo, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, tepatnya di komplek Taman Dayu ada sebuah kampung yang menyediakan buah tangan panci. Tempat yang terkenal dengan sebutan Wisata Panci Pandaan ini Anda akan dimanjakan dengan beragam peralatan rumah tangga dengan harga miring. Ada sekitar 8 - 10 toko yang menjual aneka ragam peralatan dapur seperti panci, wajan, mangkok, tempat nasi, teko, gelas, piring, sendok, garpu, pisau, alat penggorengan, dan beragam alat dapur lainnya dengan beragam merk.

Panci-panci dan segala peralatan dapur yang dijual di lokasi Wisata Panci ini memang tergolong murah, mulai dari harga Rp 3.000,- hingga ratusan ribu. Panci-panci ini merupakan barang BS (Barang Sortir Cacat Produksi) dari beberapa perusahaan besar yang sudah terkenal sehingga harga bisa lebih murah. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas barangnya. Sebelum dijual beberapa perajin memperbaiki kembali, mengecat ulang dan menggambar motif pada panci-panci tersebut.


Mereka sengaja memborong panci-panci gagal produksi dari pabriknya. Lalu dengan telaten para perajin mulai bekerja sesuai dengan bidangnya. Setelah berbagai proses usai, baru yang terakhir adalah mempercantik bentuknya dengan pengecatan atau pemberian motif dengan warna. Selain barang BS, di lokasi panci ini juga menyediakan produk KW1, KW2 dan KW3.

Wisata Panci Pandaan ini pada awalnya hanya merupakan usaha keluarga yang diteruskan secara turun temurun dan sudah berjalan selama 23 tahun. Sebagian besar karyawan yang berada di sini merupakan warga desa setempat. Penamaan Wisata Panci itu sendiri merupakan pemberian dari pengelolah wisata Taman Dayu karena kebetulan lokasi desa Sukorejo sendiri berada di kawasan itu.

Sumber :
travel.detik.com
www.tribunnews.com
www.kabarpas.com
www.eastjavatraveler.com





Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template