Home » » Tampil Percaya Diri Tanpa Bau Badan

Tampil Percaya Diri Tanpa Bau Badan

Bau badan yang tidak sedap adalah masalah besar bagi seseorang khususnya bagia kaum wanita. Kondisi tubuh yang bau dan biang keringat, membuat Anda merasa sedikit kurang percaya diri dan pasti teman di sekitar Anda akan merasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi masalah bau badan ini, ada baiknya Anda mengenal beberapa penyebab bau badan :
1. Stres.
Keringat yang bau biasanya karena stres. Ini karena keringat dihasilkan kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair, dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur. 

2. Memakai Bra Berkali-kali
Banyak wanita yang memakai bra berkali-kali karena mereka memiliki sedikit bra yang pas.
Anda perlu mencucinya lebih sering karena bra itu terbuat dari kain yang membuat bau terperangkap dan menyentuh kulit yang rawan berkeringat. Jarang mencucinya hanya menyebabkan bau.

3. Konsumsi Makanan Berbau Tajam, Pedas, dan Daging Merah
Anda mungkin sering mendengar makan bawang puting dan bawah merah menyebabkan bau lebih dari sekadar bau mulut. Menurut WebMD, memang makanan berbau akan memecah senyawa bau yang bereda di dalam aliran darah dan keluar melalui napas, keringat, dan urine.
Bau badan juga dapat muncul akibat sering mengonsumsi daging merah. Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging merah dipecah oleh amoniak sehingga keringat yang keluar dari tubuh menjadi bau.

4. Gangguan Genetik Langka yang Disebut Trimethylaminuria
Trimethylaminuria adalah mutasi pada gen tertentu yang menciptakan kondisi yang menyebabkan tubuh tak bisa memecah senyawa kimia yang disebut trimetilamina. Trimetilamina merupakan hal yang membuat ikan berbau, dan ketika itu menumpuk di dalam tubuh akan dilepas dalam napas, urine, dan keringat, sehingga membuat seseorang dengan trimethylaminuria berbau amis.

5. Minuman Beralkohol
Sebagian besar alkohol akan diproses oleh hati, namun sekitar 10 persen akan diekskresikan melalui keringat, nafas dan urin. Alkohol juga membuat Anda berkeringat lebih banyak. Minuman yang berkafein juga bisa menyebabkan hal yang sama.

6. Penyakit Diabetes
Diabetes dapat memicu bau badan. Hal itu disebabkan oleh gula darah yang kurang terkontrol sehingga terjadi kondisi ketoasidosis yang dapat menyebabkan bau badan. Penyakit lever juga menyebabkan badan penderitanya mengeluarkan aroma tak sedap karena tubuh tak mampu mengeluarkan racun. 

Cara menghilangkan bau badan sebenarnya tidaklah sulit karena Anda dapat menggunakan bahan -bahan alami seperti daun sirih, jahe, kemangi, dan masih banyak lagi. Ini bisa mengatasi bau badan dari dalam, sedangkan untuk mengatasi bau badan dari luar bisa menggunakan deodorant atau parfum. 

Nah, yang paling penting adalah menjaga kebersihan badan. Menjaga merupakan salah satu cara menghilangkan bau badan paling ampuh. Pastikan Anda mandi setidaknya 2 kali dalam sehari, agar keringat dan bakteri di tubuh anda musnah. Jika perlu Anda dapat mandi 3 kali sehari.

Jangan lupa pula untuk mengganti pakaian luar dan dalam sesering mungkin. 
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template