Home » » Cegah Serangan Jantung dengan Periksa Denyut Nadi Sebelum Berolahraga

Cegah Serangan Jantung dengan Periksa Denyut Nadi Sebelum Berolahraga

Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital. Kemampuan kerja jantung sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Namun masalah kesehatan jantung sering kali diabaikan, padahal bisa berakibat fatal, yakni serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian.  

Kasus yang sering kali ditemui adalah orang terlihat tubuhnya sehat-sehat saja, ternyata tiba-tiba mendapat serangan jantung. Bahkan terjadi sesaat setelah berolahraga.

Hal ini tentu saja bisa dicegah dengan cara memeriksa kesehatan jantung sebelum melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga. Aman atau tidaknya seseorang untuk berolahraga bisa diketahui dengan menghitung denyut jantung atau dikenal dengan denyut nadi.

Denyut nadi normal manusia adalah 60-90 kali denyut per menit. Jika sebelum olahraga  denyut jantung sudah 100, maka jantung tidak akan kuat, sehingga sebaiknya Ada menunda kegiatan olahraga.

Meskipun denyut jantung normal, sebaiknya lakukan pemanasan sebelum berolahraga berat. Jika setelah pemanasan Anda sudah mengalami pusing yang tidak biasa, mengalami vertigo, maka sebaiknya olahraga dihentikan.

Jika Anda sudah merasa fit untuk melakukan olahraga, jangan lupa untuk mengakiri olahraga dengan pendinginan yang benar. (berbagai sumber)


Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template